28 September 2021

Ngalap Berkah Ramadan, Gobaker Bagi Takjil

KIM Ronggolawe – Bulan Ramadan merupakan momentum yang tepat guna meningkatkan iman dan taqwa, sekaligus menjadi kesempatan bagi sejumalah komunitas untuk mempererat tali persaudaraan serta kepedulian dengan cara berbagi terhadap sesama.

Seperti yang dilakukan oleh komunitas sepeda pancal Gowes Bareng Kerek (Gobaker), Komunitas yang beranggotakan sekitar 50 orang tersebut, Kamis sore (29/04) mewujudkan rasa kepedulian terhadap sesama serta ngalap berkah bulan Ramadan dengan berbagi takjil terhadap sejumlah pengguna jalan yang melintas di ruas jalan Desa Jarorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban.

Kurang lebih sekitar 500 bungkus paket takjil dalam sekejap ludes dibagikan dalam kegiatan tersebut. Selain itu komunitas yang beranggotakan dari berbagai macam profesi dan latar belakang tersebut menurut koordinator acara, Sugianto (30) kegiatan tersebut diharapakan dapat semakin menjalin persaudaraan dan kepedulian terlebih dalam masa pandami seperti ini.

” Meskipun kami berbeda profesi namun kami berharap selalu kompak, tidak ada yang merasa dikucilkan dan terkucilkan karena tujuan kita sama yaitu untuk mempererat tali persaudaraan dalam kesatuan hobby yang sama terlebih di masa pandemi seperti ini kita harus saling menguatkan,” kata pemuda asal Desa Kedungrejo tersebut.

Lebih lanjut pria yang juga sebagai tenaga Security disalah satu perusahaan milik pemerintah tersebut berharap kedepan bakal berupaya mempertahankan tradisi berbagi seperti ini agar kebersamaan yang mereka galang selama ini semakin bermanfaat.

” Kedepan kita berharap untuk terus meningkatakan tradisi berbagi ini, semoga bukan hanya di bulan Ramadan saja, kita akan selalu berkoordinasi dengan para anggota komunitas untuk mengagendakan kegiatan berbagi selanjutnya, intinya komunitas ini bukan hanya menyalurkan hobby dan mencari keringat saja, namun keberkahan dari komunitas ini yang kami harapkan, ” terangnya panjang lebar.

Hal senada juga disampaikan Erfrin Erfrianto (36) koordinator komunitas Gobaker, ia menambahkan bahwa dengan bersepeda akan dapat banyak manfaat sehingga kekompakan dan kebersaaan harus selalu diutamakan.

” Selain menyehatkan, dengan bersepeda kita juga mendapatkan hal-hal baru, teman baru, suasana baru, tantangan baru, serta kesenangan baru, itu yang tidak dapat dinilai dari sebuah komunitas bersepeda, ” tegas pria pengusaha counter Handphone terkemuka di Kecamatan Kerek itu.

Usai kegiatan berbagi takjil komunitas yang beranggotakan dari kalangan ASN, anggotaTNI/Polri, pensiunan Polri, pengusaha, karyawan pabrik, penjaga warung, bahkan petani itu melanjutkan kegiatanya dengan berbuka bersama dilanjutkan dengan salat Magrib berjamah. [AM/HA]