BERITA KIM RONGGOLAWEPERISTIWA

Masjid Baitul Mu’min Mapolres Tuban Diresmikan

 

KIM Ronggolawe– Bangunan Masjid dua lantai setinggi 15 meter dengan atap kubah berwarna kuning terlihat berdiri begitu megah di antara dua bangunan lain yakni tempat parkir kendaraan roda dua bertingkat serta gedung fasilitas kesehatan tingkat pertama di lingkungan Polres Tuban.

Proses pembangunanya membutuhkan waktu sekitar 8 bulan. Ditandai dengan peletakan batu pertama pada pertengahan bulan agustus tahun 2020 lalu, akhirnya hari ini diresmikan Sabtu (08/05) sore.

Peresmian Masjid Baitul Mu’min tersebut ditandai dengan penandatanganan Prasasti oleh Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., didampingi Bupati Tuban, Dandim 0811 Tuban.

Pembangunan Masjid dua lantai dengan luas 20×25 meter persegi itu menghabiskan biaya sekitar 7 miliar, yang seluruhnya merupakan swadaya Personel Polres Tuban serta partisipasi dari berbagai pihak.

Masjid yang mempunyai ciri khas Timur tengah dengan interior full marmer serta hiasan kaligrafi itu dalam kondisi normal diperkirakan mampu menampung hingga 700 jamaah atau sekitar 300 jamaah dengan memenuhi Protokol Kesehatan saat pandemi Covid-19 merupakan gagasan AKBP Ruruh Wicaksono selaku Kapolres Tuban.

Dikatakan Ruruh, Hal yang melatarbelakangi pembangunan Masjid tersebut karena kondisi masjid lama yang kurang memadai, Bangunan Masjid yang didirikan sejak 15 tahun lalu diatas tanah seluas 16×16 meter itu hanya mampu menampung sekitar 80 jamaah dalam kondisi normal, dimana saat pandemi covid-19 harus mengurangi daya tampung Masjid.

“Ide Pembangunan Masjid ini pertama kali muncul ketika Saya sholat di masjid yang lama, seketika saya terpanggil untuk membangun masjid, mohon maaf karena masjid lama itu tempat wudhunya ada tapi toiletnya tidak ada, kapasitasnya juga terbatas,” ungkap Ruruh

Masih Kata Ruruh, ini bukan dalam rangka berlomba membangun masjid yang megah, melainkan bagaimana nantinya kita dapat memakmurkan dengan memanfaatkan untuk sarana beribadah baik wajib maupun sunnah serta kegiatan keagamaan lainnya.

Kapolres kelahiran Ngawi itu berharap Pembangunan Masjid Baitul Mu’min tersebut dapat menumbuhkan motivasi Personel Polres Tuban untuk lebih taat beribadah serta dijadikan sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Mudah-mudahan Peresmian masjid hari ini menjadi berkah untuk kita semua terutama kami keluarga besar Polres Tuban dan Semoga masjid ini dapat mendorong segenap personel Polres Tuban untuk lebih taat beribadah serta semakin meningkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Allah SWT,” harap Kapolres alumni Akpol 2000 itu.

Selain anggota Polres Tuban, Masjid Baitul Mu’min ini juga bisa digunakan oleh masyarakat atau jama’ah dari luar Polres untuk melaksanakan ibadah.

“Masyarakat dari luar Polres pun bisa memanfaatkan keberadaan Masjid ini untuk melaksanakan Ibadah sholat, kita sudah siapkan pintu di sebelah masjid,” Imbuh AKBP Ruruh.

“Pesan Kami Tolong siapapun nanti pemimpinnya, dirawat dan dijaga dengan betul karena ini usaha kita semua,” Pungkas AKBP Ruruh.

Usai diresmikan, Masjid Baitul Mu’min langsung digunakan untuk melaksanakan sholat Maghrib berjamaah dilanjutkan sholat isya dan sholat Sunnah tarawih. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button