30 Juli 2021

Jelang Peringatan HANI 2021, BNNK Tuban Matangkan Socorejo Pilot Project Desa Bersinar

 

KIM Ronggolawe– Jelang peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2021, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tuban matangkan persiapan.

Peringatan puncak HANI 2021 di Indonesia akan dilaksanakan serentak pada 28 Juni 2021 tersebut, sekaligus akan ditandai dengan launching Desa/Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba) oleh Presiden RI, Joko Widodo.

AKBP I Made Arjana, kepala BNNK Tuban saat dikonfirmasi di kantornya, Senin (14/06) menyampaikan, pihaknya telah mencanangkan Desa Socorejo, Kecamatan Jenu sebagai Desa Bersinar saat launching puncak peringatan HANI 2021.

“Desa Bersinar (Bersih Narkoba) merupakan program nasional yang rencananya akan dilaunching dari Istana Negara oleh Presiden RI, Joko Widodo pada puncak HANI 2021 secara virtual,” kata I Made.

Kepala BNNK Tuban sejak 2018 itu menerangkan, untuk di Kabupaten Tuban rencananya puncak HANI akan menghadirkan Bupati dan jajaran Forkopimda serta OPD terkait dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat karena masih pandemi Covid-19.

Terkait Desa Bersinar, pihaknya secara singkat menyampaikan parameter atau indikatornya. Bahwa setiap kabupaten/kota dan provinsi masing-masing akan mendelegasikan desa/kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar).

“Kita pilih Desa Socorejo dengan acuan mempertimbangkan pemetaan kawasan rawan melalui 8 indikator pokok dan 5 indikator pendukung, komitmen pihak desa, penyamaan persepsi program serta upaya Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) mulai tingkat RT/RW,” ucapnya menandaskan.

Pihaknya berharap, Desa Socorejo sebagai pilot project Desa Bersinar di Kabupaten Tuban harus benar-benar bersih narkoba.

“Kita tadi juga sampling tes urin di balai desa setempat, mulai dari perangkat desa hingga beberapa tokoh. Itu dalam rangka memberi contoh atau teladan,” imbuhnya.

Sementara itu, Zubas Arief Rahman Hakim, Kepala Desa Socorejo mengaku senang dan berterima kasih jika desa yang dipimpinnya dipercaya dalam program nasional.

Pihaknya mengaku akan berkomitmen mewujudkan hal tersebut dan akan mempersiapkan segala komponen kebutuhan demi terwujudnya Desa Bersinar.

“Kami atasnama Pemdes dan seluruh masyarakat menyambut baik program ini. Dan kami siap bersinergi dengan BNNK Tuban mewujudkan desa bersih narkoba,” pungkas Kades muda visioner itu. [CH/AM]