30 Juli 2021

Apel Kesiapan PPKM Darurat, Riyadi: Serentak Bahu Membahu Hadapi Wabah

KIM Ronggolawe – Wakil Bupati Tuban H. Riyadi SH. menghadiri Apel gelar pasukan dalam rangka pelaksanaan PPKM mikro darurat di wilayah Kabupaten Tuban, di mapolres Tuban, Sabtu (03/07).
Bertindak sebagai Inspektur Upacara, dalam arahannya Wabup mengatakan, Apel gelar pasukan PPKM darurat yang diselenggarakan untuk penanganan Covid-19, merupakan momen yang sangat tepat dan strategis untuk upaya penanganan wabah virus Covid-19 yang saat ini sedang merebak di wilayah Jawa Timur. “Gelar apel pagi ini adalah bukti kesiapan pemberlakuan PPKM Darurat di Kabupaten Tuban,” ucap Wabup.
Pelaksanaan PPKM Darurat, Pemerintah Daerah Kab. Tuban akan mengerahkan semua sumber daya yang ada guna mengatasi penyebaran Covid-19, mulai dari unsur TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara, dokter dan tenaga kesehatan dan tak hanya itu saja, jajaran Kementerian Kesehatan juga diminta untuk terus meningkatkan fasilitas rumah sakit, fasilitas isolasi terpusat, ketersediaan obat-obatan, alat kesehatan dan tangki oksigen. “Semua serentak, bahu membahu menghadapi wabah ini. Kita kerahkan semua yang kita punya,” tegas Wabup.
Kang Riyadi sapaan akrabnya mengungkapkan, apresiasi tertinggi disampaikan untuk jajaran Polri dan TNI serta anggota Satpol PP juga personil Dishub Tuban yang telah berperan penting dalam upaya penanganan Covid-19. Adapun nantinya, pengamanan dalam masa PPKM Darurat akan dilakukan melalui pendekatan persuasif, serta memberikan edukasi kepada masyarakat. “Tak lupa, kita tekankan edukasi lebih kepada mematuhi prokes dan selalu melaksanakan 5M,” ungkapnya.
Penerapan protokol kesehatan dengan cara Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di wilayah Propinsi Jawa timur dimana kebijakan tersebut berlaku mulai tanggal 3 s.d 20 Juli 2021.
Lebih dari itu, Kang Riyadi meminta seluruh elemen masyarakat patuh pada aturan yang dibuat pemerintah. “Mari berdo’a dan berikhtiar bersama semoga covid-19 segera sirna dari bumi,” pungkasnya.
Usai Apel, Wabup langsung memberangkatkan pasukan untuk menuju wilayah sasaran masing- masing.
Sementara itu, Wakapolres Tuban Kompol Priyanto, S.I.K., S.H.,M.H, ditemui usai apel menyebutkan, ada setidaknya 1300 personil yang dikerahkan untuk pengamanan PPKM Darurat di Kabupaten Tuban ini. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari personil TNI, Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan. Tak lupa juga tenaga kesehatan. “seluruhnya akan langsung melakukan pengamanan mulai hari ini,” ungkap Priyanto.
Adapun pasukan akan disebar ke seluruh kecamatan di kabupaten tuban. Selain melakukan pengamanan, para personil tersebut juga bertugas untuk melakukan sosialisasi terkait Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 15 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali atau PPKM Darurat Jawa-Bali, yang berlaku mulai tanggal 3 Juli 2021 sampai dengan tanggal 20 Juli 2021.
Turut hadir dalam acara tersebut, Wakapolres Tuban , Kompol Priyanto, S.I.K., S.H.,M.H, Pasi Ops Kodim 0811/Tuban Kapten Inf Prayitno, Kasatpol PP Tuban Hery Muharwanto, Kadis Perhubungan , dan beberapa jajaran Kabid di lingkungan Dinas Kesehatan dan BPBD Tuban. [MCT/AM]