28 September 2021

Delegasi Kabupaten Tuban Raih Prestasi Pada Ajang Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Jatim 2021

KIM Ronggolawe– Delegasi seleksi Pemuda Pelopor Jawa Timur 2021 dari perwakilan Kabupaten Tuban telah menorehkan prestasi dalam ajang tahunan yang diselenggarakan setahun sekali tersebut.

Adapun delegasi Pemuda Pelopor Kabupaten Tuban yang berhasil dari kategori Bidang Inovasi Teknologi Terbaik II (dua) atas nama Khoirul Adib pemuda asal Rayung, Senori, Tuban.

Kabid Kepemudaan pada Disparbudpora Tuban, Samsuri dalam keterangannya menyampaikan, berdasarkan surat dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur dari 3 pemuda pelopor delegasi Tuban, ada 1 nama yang berhasil meraih prestasi.

“Surat pengumuman dan pemberitahuan dari provinsi kita terima hari ini, hasilnya Kabupaten Tuban berhasil terpilih menjadi Terbaik II Bidang Inovasi Teknologi Pemuda Pelopor Provinsi Jawa Timur Tahun 2021,” tutur Samsuri, Kamis (29/07).

Atas hasil tersebut, pihaknya bangga karena persiapan selama ini oleh Disparbudpora Tuban mulai tahap seleksi administrasi, wawancara dan fact finding telah berbuah manis.

Diakui pihaknya, Pemuda Pelopor yang terpilih tersebut memang diakui kepeloporannya di bidang inovasi teknologi.

“Kepeloporannya memang diakui oleh tim seleksi kabupaten maupun provinsi saat fact finding beberapa bulan kemarin, baik di desa, kabupaten maupun provinsi atas nama Khoirul Adib aktif dibeberapa organisasi,” timpalnya.

Lebih bangga lagi, pihaknya mengapresiasi Pemuda Pelopor asal Tuban tersebut merupakan termuda dari para juara lainnya dari semua kategori.

“Semoga prestasi ini bisa memicu pemuda pemudi Kabupaten Tuban dalam berinovasi dan berprestasi, karena banyak potensi pemuda Tuban yang perlu digali,” harapnya.

Sementara itu, Khoirul Adib dalam keterangannya mengaku, ini merupakan salah satu pengalaman luar biasa, karena bisa menjadi perwakilan Kabupaten Tuban dan berhasil menjadi Pemuda Pelopor Provinsi Jatim.

“Hal ini tak terlepas dari support orang tua, teman-teman, komunitas, dan orang di sekitar saya. Saya sebenarnya tidak punya impian seperti ini. Dulu saya berpikir hanya ingin berbagi apa yang saya miliki dan belajar untuk bermasyarakat, hal ini tujuan utama saya, mungkin bisa dikatakan Pemuda Pelopor Provinsi Jatim ini adalah hadiah bagi saya selama ini,” cerita Adib bangga.

Pemuda kelahiran 20 April 2002 itu berharap, atas prestasi itu bisa terus berbagi mengedukasi masyarakat agar selalu bisa mengoptimalkan teknologi digital di era sekarang dan bisa beradaptasi.

“Karena belum adanya pemerataan SDM, disinilah tujuan saya ingin membuat masyarakat agar lebih cakap digital,” pungkas pemuda yang merupakan delegasi Relawan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (RTIK) Tuban tersebut. [CH/AM]