28 September 2021

Berkunjung di Tuban Wamen ATR/BPN RI Serahkan Sertifikat Tanah dan Waqaf

KIM Ronggolawe – Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., menerima kunjungan dari Wakil Menteri Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Dr. Surya Tjandra, S.H, LL.M., di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Rabu (25/08).

Pada kesempatan ini Wamen ATR/BPN, Surya Tjandra menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah di wilayah Kabupaten Tuban kepada Bupati Tuban. Selain itu, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menyerahkan sertifikat tanah waqaf kepada sejumlah Lembaga Pendidikan dan TPQ.

Tampak hadir pula Kepala Kantor ATR/BPN Tuban, Dr. Roy Eduard Fabian Wayoi, S.Sos., M.MT., Asisten Pemerintah dan Kesra Sekda Tuban, Joko Sarwono, dan Kepala Diskoperindag Tuban, Agus Wijaya.

Kepada reporter MCT, Wamen ATR/BPN, Surya Tjandra mengungkapkan kunjungannya kali ini untuk melihat potensi yang dimiliki kabupaten Tuban, salah satunya pembangunan proyek strategis nasional berupa kilang minyak. Adanya proyek nasional tersebut, akan membuka peluang pembangunan yang cukup baik bagi kabupaten Tuban.

“Karenanya, pemerintah daerah bersama masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan tersebut,” ungkapnya.

Surya Tjandra menambahkan aset-aset milik pemerintah daerah yang kosong dapat dikelola Pemkab Tuban maupun masyarakat umum. Sehingga tidak terbengkalai dan bahkan lebih bermanfaat,” ungkapnya.

Secara khusus, Wamen ATR/BPN ingin memberikan motivasi kepada Kepala ATR/BPN yang semula bertugas di Jayapura. Harapannya, dapat menyerap ilmu-ilmu selama bertugas di pulau Jawa untuk selanjutnya di terapkan membangun dan memajukan tanah Papua.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menyampaikan pihaknya bersama Kantor ATR/BPN Tuban akan mengindentifikasi aset-aset Pemkab Tuban yang belum bersertifikat. Langkah ini sebagai wujud tertib administrasi dalam penyelenggaraan tata kelola pemerintahan kabupaten Tuban.

Kunjungan Wamen ATR/BPN memiliki makna khusus bagi Mas Bupati. Menurutnya, kehadiran Wamen memberikan sejumlah gagasan baru untuk pengembangan di Kabupaten Tuban. “Kami sampaikan terima kasih atas kunjungan dan gagasan yang disampaikan untuk kemajuan kabupaten Tuban,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kantor ATR/BPN Tuban, Dr. Roy Eduard Fabian Wayoi., berkomitmen untuk menyelesaikan pengurusan aset milik Pemkab Tuban. Proses pengerjaan direncanakan akan rampung pada tahun 2022. “Pemkab Tuban telah memberikan sarana prasana guna mendukung penyelesaian aset tersebut,” terangnya. Pihaknya intens berkoordinasi dengan Pemkab Tuban, diantaranya Dinas Pendidikan dan Dinas PUPR terkait penyelesaian aset tersebut. [MCT/AM]