28 September 2021

Tunjukan Hasil Baik, Wabup Apresiasi Inovasi Petani Tuban

 

KIM Ronggolawe– Wakil Bupati Tuban, H. Riyadi, SH., hadiri Penandatanganan MoU antara PT. Widodofood Makmur Sejahtera dengan Koperasi Petani Indonesia Tuban, Kamis (02/09).

Perjanjian kerjasama kemitraan untuk komoditas jagung dengan cakupan luas lahan hingga 5 ribu hektar di desa Senori, Merakurak.

Dalam sambutannya, Wabup Tuban, H. Riyadi, SH., memberikan apresiasi atas usaha petani yang konsisten memberikan hasil pertanian terbaik bagi seluruh masyarakat kabupaten Tuban. Inisiatif petani untuk membentuk Koperasi Petani menjadi langkah strategis yang patut didukung.

“Ini menjadi wujud terobosan petani kekinian,” ungkapnya.

Kang Riyadi meminta instansi terkait selalu memberi pendampingan. Di samping itu, pelibatan sektor swasta dan perbankan yang diinisiasi petani menjadi wujud kerjasama lintas sektoral dan sinergis, tidak hanya pada tingkat kabupaten, tapi juga menyentuh hingga tingkat terkecil.

Wabup asal Desa Maibit ini berharap langkah yang diambil dapat terus ditingkatkan sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat, khususnya petani. Sehingga tidak hanya menanam padi tapi juga menjadi entrepreneur.

Sementara itu, Direktur PT. Widodofood Makmur Sejahtera, Nur Iswan mengatakan pihaknya ingin bekerjasama dengan menyerap hasil pertanian di kabupaten Tuban. Salah satunya komoditas jagung, mengingat kabupaten Tuban menjadi sentra penghasil jagung.

Tidak hanya itu, hasil pertanian kabupaten Tuban berkualitas unggulan dan banyak diminati perusahaan.

“Harapannya, dapat mendukung pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat secara umum,” jelasnya. [MCT/AM]