BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAPERISTIWA

Zakat Karyawan SIG GhoPO Tuban Terkumpul Hingga 2 Millar

KIM Ronggolawe  – Komitmen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) GhoPO Tuban dalam pemberdayaan masyarakat sekitarnya dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan. Selain berbagai program yang digulirkan melalui Corporate Social Responsibility (CSR), ada pula bantuan dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) selaku unit pengumpul dana zakat, infaq dan shodaqoh karyawan.

Di tahun 2022 UPZ SIG GhoPO Tuban berhasil mengumpulkan dana dari karyawan sebesar Rp 2 Miliar. Seperti di tahun-tahun sebelumnya dari dana yang terkumpul tersebut 30 persen dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tuban dan yang 70 persen dikelola oleh UPZ SIG.

“Semoga tahun 2023 perolehan UPZ SIG dapat meningkat menjadi 2,075 Miliar. Sehingga, dengan meningkatnya perolehan zakat, infaq, dan shodaqoh maka yang akan kita salurkan kepada yang lebih membutuhkan bisa lebih baik lagi,” ungkap Wakil Ketua UPZ SIG GHoPO Tuban, Siswanto pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan penyaluran UPZ Tuban Takwa tahun 2022 di Ruang Auditorium KPSG Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban (02/12).

Menurutnya, pada tahun 2022 ini UPZ SIG telah melaksanakan beberapa kegiatan, yakni penyaluran bisyaroh untuk ustadz dan ustadzah dari 149 lembaga di wilayah sekitar perusahaan. Selain itu, bantuan sembako dan uang tunai kepada 200 warga kurang mampu, pembangunan 8 unit rumah kepada warga yang rumahnya sudah tidak layak huni, juga memberikan bantuan insidentil kepada 6 warga.

“Kami juga memberikan bantuan Kesehatan kepada 10 warga kurang mampu dan juga memberikan bantuan pemberdayaan kepada warga kurang mampu sebanyak 40 orang,” terang Siswanto.

Sementara itu, perwakilan Baznas Kabupaten Tuban, Muhammad Wakid Qomari mengapresiasi dan berterima kasih kepada UPZ SIG GHoPO Tuban. Pasalnya, UPZ dibawah perusahaan semen milik negara ini merupakan UPZ yang berhasil mengumpulkan zakat, infaq, dan shodaqoh terbesar di Kabupaten Tuban.

“Dari sekitar 500 UPZ yang ada di Kabupaten Tuban, UPZ Semen Indonesia menjadi salah satu yang terbaik mulai dari perencanaannya, realisasi program, sampai dengan pelaporannya,” ujar Wakil Sekretaris Baznas Kabupaten Tuban itu.

Menurutnya, dana yang disetorkan UPZ SIG kepada Baznas terus mengalami kenaikan. Pada tahun 2017 sebesar Rp 1,3 Milyar, tahun 2018 sebesar Rp1,4 Miliar, tahun 2019 sebesar Rp 1,6 Miliar. Sedangkan, pada tahun 2020 sebesar Rp 1,9 Miliar, tahun 2021 sebesar Rp 1,95 Miliar, dan pada tahun 2022 ini meningkat menjadi Rp 2 Miliar.

“Kita berdoa dan berharap agar dana yang dapat dikumpulkan oleh UPZ SIG ini dapat terus meningkat. Sehingga, akan lebih banyak dan lebih luas lagi yang dapat diberikan oleh UPZ SIG kepada masyarakat,” kata Wakid di hadapan ratusan ustadz dan ustadzah sekitar perusahaan.

Terpisah, Senior Manager Of Corporate Communication SIG GhoPO Tuban, Setiawan Prasetyo mengatakan bahwa SIG terus berkomitmen memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat, baik melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR), UPZ, maupun program-program lainnya.

“Untuk itu, kami mohon doa kepada seluruh masyarakat agar perusahaan milik negara ini dapat terus berjalan dan lebih baik lagi dalam operasionalnya. Sehingga, bisa lebih besar dan baik lagi dalam memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan sekaligus penyaluran bisyaroh  untuk ustadz dan ustadzah juga diberikan tausiyah agama oleh  KH. Reza Ahmad Zahid (Gus Reza) dari Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur. [*/AM]

 

Related Articles

Back to top button