BERITA KIM RONGGOLAWEHIBURANPEMERINTAHANPERISTIWA

Santunan 2.000 Anak Yatim Piatu Tandai Soft Opening Tuban Abirama

 

 

KIM Ronggolawe – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban baru saja menggelar soft opening Tuban Abirama yang sebelumnya sebagai tempat rest area, pada Jum’at (5/4/2024) sore. Kegiatan soft opening Tuban Abirama itu ditandai dengan santunan yatim piatu pada 2.000 anak secara serentak.

Dalam tahap pengenalan awal Tuban Abirama ini juga dihadiri Hj Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur Periode 2019-2024. Tak hanya itu, pejabat Pemprov Jatim Akhmad Jazuli sebagai Asisten Administrasi Umum juga tampak hadir meramaikan soft opening tersebut.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengatakan, Tuban Abirama ini nantinya bisa memajukan roda ekonomi yang ada Bumi Ronggolawe. Tentu nama Abirama sendiri memiliki arti yang berasal dari bahasa sansekerta. Yaitu memiliki arti kata selaras, serasi, dan berkesinambungan. Pemaknaan selaras dan serasi memiliki arti cerminan pembangunan di kabupaten Tuban yang dijalankan dengan semangat kolaborasi dan sinergi.

“Sedangkan, makna Berkesinambungan memiliki arti bahwa pembangunan di Kabupaten Tuban berkat keberhasilan terdahulu yang terus dikembangkan,” ujar Mas Lindra sapaan akrab Bupati Tuban.

Ia menambahkan, keberhasilan pembangunan yang baik akan terus ditingkatkan. Tentu keberadaan Tuban Abirama diperuntukkan bagi masyarakat Kabupaten Tuban. Tak hanya itu, untuk pembangunan juga dikonsep secara terbuka. Hal tersebut sebagai wujud masyarakat kabupaten Tuban yang berpikiran terbuka dan terus berinovasi.

Cara berpikir yang terbuka tetap diimbangi dengan budi pekerti yang luhur. Selain itu, pembangunan Tuban Abirama dekat dengan alam Tuban berupa lautan yang luas. Cerminan masyarakat kabupaten Tuban yang mampu berpandangan dan berwawasan luas.

“Semoga Tuban Abirama membawa manfaat yang seluas-luasnya bagi masyarakat kabupaten Tuban,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Kopumdag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya menjelaskan, konsep Tuban Abirama tersebut dibuat terbuka yang terdiri dua lantai. Lantai bawah rencananya dibuat resto kelas menengah hingga ke atas. Sedangkan, untuk lantai yang atas akan digunakan cafe dengan mode kekinian.

“Insya Allah untuk Tuban Abirama ini berkapasitas hingga mencapai ribuan. Sedangkan, area parkir ada dibelakang yang penerapannya menggunakan elektronik,” paparnya.

Lanjut Agus menuturkan, dengan soft opening ini diharapkan Tuban Abirama bisa dimanfaatkan betul oleh masyarakat. Terutama, menjelang akhir bulan puasa dan saat perayaan Hari Raya Idul Fitri. Sehingga, dengan adanya pembukaan ruang-ruang pusat perekonomian ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Tuban menjadi naik kelas.

“Semoga keberadaan Tuban Abirama ini nantinya bisa menjadikan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tuban bisa naik kelas,” pungkasnya.

Diketahui, dalam soft opening Tuban Abirama ini juga disertai adanya Pasar Murah yang digelar Pemprov Jatim dan Pemkab Tuban. Tak hanya itu, santunan yatim piatu juga didukung oleh Baznas Jatim dan Kabupaten Tuban.[*/AM]

Related Articles

Back to top button