BERITA KIM RONGGOLAWEPEMERINTAHAN

21.647 Keluarga Miskin Mendapat Bantuan PKH

TUBAN, 18/04/2016 Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Tuban telah melaksanakan pembayaran Tahap – 1 Tahun 2016 dengan total nominal Rp. 17.133.355.000,- (Tujuh Belas Milyar Seratus Tiga Puluh Tiga Juta Tiga Ratus Lima Puluh Lima Ribu Rupiah) yang tersalurkan kepada Peserta PKH 21.647 Keluarga Sangat Miskin (KSM) yang tersebar di 20 kecamatan se Kabupaten Tuban melalui Kantor Pos di masing-masing kecamatan.

Proses pencairan tahap – 1 ini sudah terlaksana sesuai jadwal sejak Kamis, 14 April 2016 sampai hari ini Senin, 18 April 2016 secara bergiliran dengan mendapat pendampingan dari Pendamping
 PKH di masing – masing kecamatan dengan total jumlah Pendamping PKH 103 orang se Kabupaten Tuban.
   Penerima manfaat dana bantuan PKH merupakan keluarga sangat miskin yang memenuhi syarat, diantaranya memenuhi kriteria dan komponen dalam suatu keluarga adanya ibu hamil, ibu menyusui, anak balita, anak pra sekolah, anak SD/MI, SMP/MTs dan anak SLTA dengan melalui proses pemutakhiran data, verifikasi dan validasi sesuai data dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.
   Koordinator Pendamping PKH Kabupaten Tuban Arief Hidayatullah menjelaskan, proses pencairan dana PKH dalam 1 tahun terbagi menjadi 4 kali, yang proses pencairannya melalui Kantor Pos, kita sebagai pendamping PKH hanya mengawasi proses pencairannya agar lancar dan tertib dibantu oleh anggota Polsek atau Koramil setempat”.
   Gus Arief begitu sapaan akrabnya berharap, “agar KSM penerima manfaat untuk menggunakan dana bantuan PKH sesuai dengan kebutuhan anak-anaknya, seperti yang disampaikan Ibu Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa bahwa penerima PKH untuk Ibu yang bisa hamil dan punya anak, bukan untuk bapaknya”.
   Gus Arief menambahkan, “Semoga dengan adanya bantuan PKH ini kiranya bisa meningkatkan taraf hidup keluarga peserta PKH dan bisa memutus mata rantai kemiskinan yang ada di Indonesia, serta jangan adanya ketergantungan dari pemberian bantuan dana PKH saja”.
   “Kami juga sampaikan banyak terima kasih kepada teman-teman Pendamping PKH yang telah mendampingi proses pencairan hingga selesai dan tepat sasaran, dan juga kepada Disdikpora Tuban, Kementerian Agama Tuban, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban sebagai mitra Kementerian Sosial RI dalam pendampingan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Tuban khususnya Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Tuban dan Pemerintah Kabupaten Tuban,” imbuh pria asal Kecamatan Montong ini. (CH)

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button