Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Mbawi Wetan Penyokong Kemeriahan Agustusan

Mbawi Wetan Penyokong Kemeriahan Agustusan

15 Agustus 2016 9:35 pm | diplublikasikan oleh |

IMG_20160815_105637-picsayKIM Ronggolawe – Kemeriahan Agustusan selalu identik dengan yang namanya Panjat Pinang (Jambean), Pohon Pinang yang dalam bahasa latinya di sebut Areca Cathecu, itu merupakan tanaman yang identik  tumbuh di iklim topis, yang proses pertumbuhanya memerlukan iklim dengan curah hujan lebih serta membutuhkan kelembaban yang tinggi, tak heran jika Dusun Mbawi Wetan Desa Hargoretno Kecamatan Kerek, menjadi salah satu wilayah di Kecamatan Kerek, yang banyak di tumbuhi pohon pinang, karena wilayah tersebut merupakan daerah yang sesuai untuk budidaya tanaman pinang.

Warno salah satu pemilik lahan pohon pinang di Desa tersebut Senin, (15/08) memberikan penjelasan bahwa setiap ada Event Agustusan selalu  memberikan pasokan pohon pinang untuk acara Agustusan di wilayah Kecamatan Kerek bahkan menurutnya tak jarang pula banyak dari luar Kecamatan yang membutuhkan pohon yang banyak juga manfaatnya untuk pengobatan tersebut.

Dalam penanamanya pria paruh baya tersebut memilih menanam di pematang sawah dan di lahan yang dianggap kurang produktif bila di Tanami tanaman pangan” Sengaja kami menanam di pematang sawah, di samping sebagai tanaman pendukung juga sebagai tanaman pembatas lahan” Tambahnya.

Menurutnya pohon pinang yang ia miliki masih bisa memasok untuk kegiatan agustusan 30 sampai 50 tahun lagi, karena ia pun juga selalu menananmi lagi bila pohon yang besar sudah di tebang, sedangkan untuk masalah tarif dari 1 batang tersebut ia tidak mematok harga” Masalah harga saya tidak pernah mematoknya, biasanya di beri 50 ribu untuk 1 batang “ Jelasnya.

Sementara itu Wariyanti yang membutuhkan pohon pinang guna acara 17 an di lapangan Margomulyo Kerek menyatakan bahwa, proses penebanganya tidak terlalu sulit karena pohon tersebut hanya keras di luarnya namun di dalamnya sangat lunak “ Hanya proses pengangkatanya menju jalan raya yang susah karena medan tanahnya tidak sama, butuh 4 sampai 5 orang untuk mengangkatnya, padahal kalau lahanya datar 3 orang saja sudah mampu mengangkatnya ” Katanya. [AM]

Komentar Facebook
Categorised in: ,

No comment for Mbawi Wetan Penyokong Kemeriahan Agustusan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.