BERITA KIM RONGGOLAWEPENDIDIKAN

PWI dan Penyelenggara Pemilu Ajak Pemilih Pemula Melek Politik

KIM Ronggolawe –  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tuban menggelar kegiatan goes to campus. Kegiatan yang berlangsung di Kampus Unirow Tuban ini diharapkan dapat mengedukasi para pemilih pemula untuk menekan angka golput dan lainnya.

Acara dengan tema ‘Peran Pemilih Pemula di Tengah Tahun Politik’ ini juga turut hadir Bawaslu Tuban, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban, Ketua Yayasan Unirow dan rektor serta Polres Tuban.

Acara itu juga diikuti oleh mahasiswa dan sejumlah perwakilan siswa SMA/MA dan SMK se- Kabupaten Tuban.

Dalam kesempatan itu, ada 3 orang pemateri yang dihadirkan, di antaranya Perwakilan PWI Tuban Dwi Setiawan, Ketua Bawaslu Tuban M Arifin dan Anggota Komisioner KPU Tuban Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM dan Partisipasi Masyarakat Zakiyatul Munawaroh.

Ketua PWI Tuban Suwandi mengatakan, kegiatan PWI goes to campus ini rutin digelar oleh PWI setiap tahunnya. Karena tahun ini bertepatan dengan kegiatan politik maka kegiatan goes to campus mengambil tema tentang politik.

“Kebetulan hari ini momennya momen politik sehingga kami PWI memberikan edukasi politik kepada pemilih pemula. Dan hari ini kita menggandeng Bawaslu KPU dan Polres Tuban,” kata Suwandi, Selasa 30 Januari 2024.

Suwandi berharap, kegiatan ini bisa mengedukasi para pemilih pemula agar bisa mengerti tugas dan perannya sebagai pemilih pemula dan tidak golput. Selain itu, lanjut Suwandi kegiatan ini siswa atau mahasiswa yang mengikuti bisa ikut mengawasi di setiap tahapan pemilu.

“Sasarannya adalah pemilih pemula. Jadi kegiatan ini sangat penting kita memberikan edukasi agar mereka tidak golput dan siswa diminta untuk ikut pengawasan setiap tahapan di pemilu karena sudah dibekali dari penyelenggara pemilu,” pungkasnya.

Sebatas diketahui, dalam acara goes to campus itu juga ada kegiatan deklarasi pemilu damai dan tolak golput yang ditandai dengan penandatanganan bersama. [CH/AM]

Related Articles

Back to top button