BERITA KIM RONGGOLAWEKESEHATANPERISTIWA

Terima Tim Verifikator Jatim, Camat Kerek Optimis Kecamatan ODF

 

KIM Ronggolawe– Dalam rangka verifikasi Kabupaten Tuban ODF (Open Defecation Free), Pemerintah Kecamatan Kerek menerima tim verifikator dari Provinsi Jatim, di pendopo kecamatan setempat, Rabu (29/11).

Camat Kerek, Nanang Wahyudi menyampaikan, pihaknya menerima kunjungan tim dari Dinkes P2KB Tuban dan Dinkes Provinsi Jatim dalam rangka verifikasi desa ODF.

“Untuk wilayah Kecamatan Kerek ada 2 desa, yaitu Kasiman dan Kedungrejo,” bebernya.

Mantan Sekcam Tambakboyo itu menandaskan, untuk desa ODF ini, tim verifikator ingin melihat langsung ketersediaan jamban di setiap rumah warga dan sekolah, artinya tim ingin memastikan bahwa sudah tidak ada warga yang buang air besar sembarangan.

“Tim verifikator melakukan sampling 25 rumah dan 2 sekolah setiap desa yang dituju. Atau total 50 rumah warga dan 4 sekolah,” imbuh Nanang.

Hasilnya, berdasarkan keterangannya dari 2 desa yang di sampling ODF oleh tim dari kabupaten dan provinsi pihaknya optimis di Kecamatan Kerek ODF.

“Harapannya, proses ODF per kecamatan ini dapat ditingkatkan lagi. Dan semoga tahun ini Kecamatan Kerek menjadi kecamatan ODF atau zero ODF,” harap dia.

Untuk mewujudkan itu, Forkopimcam bersama Puskesmas Kerek dan Puskesmas Gaji berkolaborasi dan inovasi untuk melaksanakan zero ODF setiap desa dengan program-program dari Dinkes P2KB Tuban dan desa setempat. [CH/AM]

Related Articles

Back to top button