Kapolres dan Bupati Tuban Kendarai Motor Patroli Jalan

Kapolres dan Bupati Tuban Kendarai Motor Patroli Jalan

KIM Ronggolawe– Dengan mengendarai sepeda motor, Bupati Tuban bersama Kapolres Tuban dan Forkopimda Tuban melakukan patroli pengamanan di sejumlah jalan di kota Tuban, Jumat (18/09).

Patroli ini juga diikuti personel Polres Tuban dan Kodim 0811/Tuban.
Sebelum melaksanakan patroli, diadakan Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di alun-alun Tuban.

Apel dihadiri sejumlah pimpinan OPD dan Camat; perwira Polres Tuban; dan 700 personel pengamanan dari Polisi; TNI; Satpol PP; Dishub Tuban maupun instansi lainnya.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Tuban, H. Fathul Huda membacakan amanat Kapolda Jatim yang mengungkapkan tujuan dilaksanakan apel untuk mempersiapkan personel dalam rangka pengamanan jelang pelantikan Presiden dan Wapres RI.

“Sehingga kondisi Jawa Timur tetap kondusif, aman dan guyub,” ungkapnya.

Lebih lanjut, saat ini tahapan Pemilu 2019 akan memasuki tahap akhir yaitu pelantikan Presiden dan Wapres terpilih periode 2019 sampai 2024 yang akan dilaksanakan 20 Oktober 2019 di gedung MPR/DPR RI. Hasil dari pelaksanaan Pemilu telah ditetapkan Ir. H. Joko Widodo sebagai Presiden RI dan Prof. Dr. KH. Maruf Amin sebagai Wapres RI periode 2019-2024 oleh KPU Pusat pada 30 Juni 2019.

“Kami menyampaikan apresiasi terhadap seluruh masyarakat Jatim yang mampu bersikap dewasa selama proses pemilihan dan menyikapi hasil Pemilu,” terangnya.

Menjelang pelantikan dan pengambilan sumpah Presiden dan Wapres RI situasi Kamtibmas di ibu kota mengalami peningkatan eskalasi. Situasi Kamtibmas serupa tidak menutup kemungkinan akan berimbas terhadap kondisi Kamtibmas di Jatim yang hingga saat ini sudah kondusif. Menyikapi situasi Kamtibmas tersebut, maka Polda Jatim bersama TNI dan unsur instansi lainnya akan melaksanakan pengamanan imbangan di wilayah Jawa Timur.

Sementara itu, Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono, SH,S.I.K,M.Si., menambahkan Polres Tuban akan meningkatkan giat deteksi dini dan aksi terhadap perkembangan kerawanan di Kabupaten Tuban. Di samping itu, akan intens melakukan pembinaan dan upaya persuasif edukatif kepada masyarakat.

Kapolres Tuban menerangkan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Pemkab Tuban; TNI; dan stakeholder lain guna mengakomodir tuntutan dari masyarakat.

“Langkah-langkah tersebut sebagai tindakan preventif untuk menjaga suasana Kamtibmas di Kabupaten Tuban yang kondusif dan aman,” jelasnya.

Personel Polres Tuban juga akan menjalankan tugas secara optimal serta segera melaporkan situasi terkini agar cepat dan tepat dapat ditanggulangi. [CH/AM]