273 Calon Penyuluh Agama Islam Honorer Kemenag Tuban Jalani Tes Wawancara

BERITA KIM RONGGOLAWE PEMERINTAHAN PENDIDIKAN

KIM Ronggolawe– Sebagai rangkaian rekrutmen Penyuluh Agama Islam Honorer Kementerian Agama Kabupaten Tuban, tim Kelompok Kerja (Pokja) seleksi melakukan tes wawancara kepada 273 peserta yang ikut seleksi Penyuluh Agama Islam Honorer (PAH), di aula dan musholla Kemenag Tuban, Senin (09/12).

Kepala Seksi Bimas Islam Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Moh. Qosim saat di temui di sela pelaksanaan tes mengungkapkan, sebelumnya para peserta menjalani tes tulis yang dilaksanakan Minggu (08/12) kemarin di MAN 1 Tuban.

“Selain tes tertulis, ratusan peserta Penyuluh Agama Islam Honorer menjalani tes wawancara sesuai dengan juknis yang ada. Ada tiga hal yang di ujikan dalam tes wawancara ini, yakni pertama wawasan kebangsaan, meliputi Pancasila dan Undang-undang Dasar 45, Negara Kesatuan RI dan Bhinneka Tunggal Ika, kedua ceramah/ khutbah dan ketiga membaca Al-Qur’an dan praktik ibadah,” jelasnya.

Untuk tes wawasan kebangsaan ada 5 penguji, satu di antaranya dari Kanwil Kemenag Provinsi Jatim, Kasi Kepenyuluhan dan Penerangan Agama Islam Bidang Penais Zawa, Dr. H. Abdul Wahid Evendi Anwar, M. Ag, dan para kasi Kementerian Agama Tuban.
Sedangkan materi ceramah/ khutbah, membaca Al-Qur’an dan praktik ibadah selain penguji dari Penyelenggara Syariah juga di bantu beberapa penyuluh.

Untuk delapan orang yang dinyatakan lolos masing-masing kecamatan nanti akan ditempatkan di 20 kecamatan di Kabupaten Tuban dengan pembagian Penyuluh Agama Islam Honorer yang membidangi zakat, waqaf, pemberantasan buta aksara Al-Qur’an, keluarga sakinah, narkoba, FKUB, produk halal dan radikalisme. [CH/AM]