Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Secercah Harapan Kustiani, Wujud Bhakti TNI

Secercah Harapan Kustiani, Wujud Bhakti TNI

14 Desember 2019 3:53 pm | diplublikasikan oleh |

KIM Ronggolawe – Bhakti TNI melalui Program bedah Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu) adalah secuil ikhtiyar untuk terus hidup merdeka. Kustiani warga Desa Prambonwetan RT.02 RW.02, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban adalah subyek kemerdekan yang getol di perjuanhkan oleh Kodim Tuban 0811.

Melalui program bedah rumah ini, nenek sebatangkara yang menghuni rumah reot itu sedikit bernafas lega. Awalnya tidak pernah terbesit difikirannya akan memiliki hunian layak huni. Diirinya tak pernah membayangkan rumahnya akan direnovasi oleh anggota TNI dari Koramil 0811/05 Rengel Kodim 0811 Tuban.

Wujud syukur itu terpancar jelas. Tampak tersenyum dan berseri-seri tanda senang serta bahagia. Sebab nenek berusia 80 tahun ini baru saja mendapatkan bantuan renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RUTILAHU) yang merupakan bantuan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa.

Sinergitas apik bersama Kodam V/BRW dan memberikan program tersebut pada Kodim 0811 Tuban yang dikerjakan oleh Koramil 0811/05 Rengel.. Dalam kondisi yang serba terbatas, janda tua itu kerap dibantu oleh tetangganya untuk menyambung hidupnya.

Saat musim hujan, janda tua ini terpaksa harus disibukkan oleh tetesan air yang masuk ke rumah lewat celah-celah genteng. Kondisi genteng yang mayoritas sudah pecah, membuat air yang mengalir cukup deras dari atap rumah.

Setelah beberapa waktu lalu, sang suami berpulang, rumah berukuran 6×5 meter itu masih menjadi selimut dari dingin malam. Namun kini merasa senang rumah bambunya berunah semakin layak.

‚ÄúSeneng mas griyo kulo di perbaiki sakniki kulo gadah griyo sae (Saya merasa senang rumah saya diperbaiki, sekarang sudah punya rumah yang bagus), ” katanya dengan bahasa jawa..

Suatu kebahagiaan tercipta akan terwujudnya kerjasama yang baik. Rutilahu dengan sasaran rumah Kustiani menjadi potret istimewa. Pengentasan kemiskinan yang nyata bisa dirasakan oleh warga kurang mampu.
“Kita hanya mencoba mewujudkan bhakti kepada negara melalui program ini. Wujud nyata kita ya salah satunya ini. Warga kurang mampu bisa merasakan pemerataan pembangunan. Semoga rumah hasil Rutilahu bisa memberikan dampak positif, baik dari sektor ekonomi, taraf hidup hingga sosial,” ungkap Dandim Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon SE, M.I.Pol Sabtu (14/12). [CH/AM]

Komentar Facebook