Setiajit Terima Mandat Partai Bulan Bintang

BERITA KIM RONGGOLAWE PEMERINTAHAN

KIM Ronggolawe – Dukungan riil untuk bakal calon bupati (bacabup) Setiajit pada pilkada 2020 nanti mulai berdatangan. Setelah sebelumnya Sekretaris DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengisyaratkan akan memberi rekomendasi pada Setiajit dengan menunjukkan keakrabannya di depan kader PDIP Tuban, kali ini DPP Partai Bulan Bintang (PBB) sudah melangkah lebih maju.

Partai pimpinan Yusril Ihza Mahendra ini sudah memberikan mandat pada Kepala Dinas ESDM Pemerintah Provinsi Jawa Timur itu untuk maju pada pilkada Tuban tahun depan. Mandat itu diberikan langsung oleh Sekjen DPP PBB Ir Afriansyah Noor, MSi, Rabu (18/12/2019) di Jakarta.

‘’Mandat itu diberikan langsung oleh Pak Feri (panggilan akrab Sekjen DPP PBB) di kantor DPP
PBB di Jl Raya Pasar Minggu Jakarta Selatan,’’ ujar Setiajit melalui sambungan telepon.

Dia mengatakan, dengan turunnya mandat tersebut, 90 persen dukungan atau rekomendasi dari PBB akan jatuh ke tangannya. Sebab, mandat tersebut ibarat uang muka untuk turunnya rekomendasi dari partai.

Menurut Setiajit, tinggal menunggu siapa pasangan yang akan digandeng nanti untuk menjadi calon wakil bupati (cawabup) nya. Sebab, untuk pencalonan harus berpasangan dan diusung partai politik atau jalur independen.

‘’ Karena berdasarkan peraturan perundangan rekom partai harus pasangan cabup dan cawabup. Jadi, rekomendasi dari PBB tinggal menunggu cawabup saya,’’ terangnya.

Mantan Pj Bupati Jombang ini mengungkapkan, bahwa dia serius untuk maju dalam pilkada. Karena itu, dia menjalin komunikasi dengan banyak partai. Selain dengan PBB yang di DPRD Tuban punya satu kursi, pihaknya juga komunikasi intens dengan partai pemilik kursi lainnya.

‘’Selain PDIP dan PBB, saya juga sudah ketemu dengan pimpinan Gerindra, Golkar, Nasdem, PPP dan Demokrat,’’ tuturnya.

Setelah PBB, kemungkinan besar yang segera menyusul memberikan dukungan riil untuknya adalah PPP. Komunikasi dengan partai berlambang Ka’bah ini dilakukan intens mulai dari tingkat kabupaten, provinsi sampai pusat. Di DPRD Tuban PPP punya dua kursi.

‘’Dengan PPP juga sudah hampir pasti dapat rekomendasi. Selama ini kami sudah berkegiatan bareng. Mohon doanya saja,’’ pinta pejabat kelahiran Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak Tuban ini.

Sekedar diketahui, untuk maju dalam pilkada Tuban 2020 nanti, Setiajit sudah menggalang dukungan dengan mengikuti penjaringan di sejumlah partai politik yang membuka penjaringan. Di antaranya adalah di PDIP, Nasdem dan Gerindra. Selain itu juga aktif komunikasi dengan pimpinan partai politik lain pemilik kursi di DPRD Tuban. [CH/AM]