Sebelum Bertugas, 2.215 Calon PPDP Jalani Screening Kesehatan dan Rapid Test

BERITA KIM RONGGOLAWE PERISTIWA

KIM Ronggolawe– Sedikitnya 2.215 calon Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Pilkada Tuban 2020 jalani screening kesehatan dan rapid test di kecamatan masing-masing, Jumat (10/07).

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama KPU Tuban dengan Dinas Kesehatan Tuban setelah sebelumnya melakukan koordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tuban.

“Tujuannya untuk memastikan para PPDP yang akan bertugas melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) door to door ke rumah warga, sehingga saat bertugas mereka sudah dipastikan tidak terindikasi Covid-19,” terang Fatkul Iksan, Ketua KPU Tuban usai monitoring pelaksanaan screening kesehatan dan rapid test.

Sebab menurutnya, para PPDP akan melaksanakan tugas mulai 15 Juli hingga 13 Agustus 2020. Sehingga mereka sebelum bertugas hasil rapid test sudah keluar dan memastikan kondisinya sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Untuk pelaksaan kegiatan tersebut, pihaknya menjadwalkan selama 2 hari. “Pelaksanaannya Jumat dan Sabtu besok,” tegasnya.

Sementara itu, Zakiyah Munawaroh, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, KPU Tuban menambahkan, untuk kegiatan screening 2 hari ini, bila hasilnya nanti ada indikasi atau gejala Covid-19, maka calon PPDP akan direkomendasikan untuk diganti.

Untuk diketahui, jadwal screening kesehatan dan rapid test Jumat (10/07) di 10 kecamatan, yaitu: Bangilan, Kenduruan, Bancar, Jatirogo, Senori, Singgahan, Montong, Kerek, Plumpang dan Widang.

Sedangkan untuk hari kedua, Sabtu (11/07) juga di 10 kecamatan, yakni: Soko, Parengan, Palang, Tuban, Semanding, Merakurak, Rengel, Grabagan, Jenu dan Tambakboyo. [CH/AM]