Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Mampu Gerakkan Ekonomi Warga, Bupati Resmikan Alun-Alun Desa Karangagung

Mampu Gerakkan Ekonomi Warga, Bupati Resmikan Alun-Alun Desa Karangagung

27 Oktober 2020 3:53 pm | diplublikasikan oleh |

KIM Ronggolawe – Disaksikan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Tuban, Camat dan Forkopimka Palang, serta Kepala Desa dan perangkat desa setempat, Bupati Tuban, H. Fathul Huda meresmikan pembangunan Alun-alun Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Selasa (27/10).

Dalam sambutannya, Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengungkapkan rasa bangga atas diresmikanya Alun-alun Desa Karangagung. Pembangunan ini menjadi salah satu wujud kepedulian dan keberhasilan Kepala Desa, perangkat desa, dan dukungan warga Karangagung.

Dihadapan warga Karangagung, Bupati Tuban mengatakan keberadaan Alun-alun Desa Karangagung memiliki multifungsi. Selain menjadi lokasi rekreasi, juga mampu menciptakan lapangan kerja baru sekaligus menggerakkan ekonomi warga.

“Karenanya, dapat dicontohkan desa lain di Kabupaten Tuban,” ungkapnya.

Bupati Huda juga menjelaskan, bahwa desa menjadi ujung tombak pembangunan daerah. Potensi tiap desa harus dioptimalkan guna mendukung pembangunan di Bumi Wali.

Pemkab Tuban terus memberi perhatian pada pembangunan desa. Diantaranya, meningkatkan kesejahteraan Kepala Desa dan perangkat desa, mendaftarkan perangkat desa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang didanai APBDes.

“Kabupaten Tuban menjadi yang pertama mendaftarkan perangkat desanya yang didanai APBDes,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Pemkab Tuban berkomitmen mencairkan Dana Desa di awal tahun dengan tujuan mempercepat upaya membangun desa sehingga perputaran uang di desa terjadi lebih awal.

Lebih lanjut, Pemkab Tuban juga terus meningkatkan infrastruktur jalan poros desa maupun kabupaten, dengan tujuan memudahkan mobilitas masyarakat dan memaksimalkan pergerakan perekonomian masyarakat.

Pada kesempatan ini, Bupati dua periode ini menyampaikan terima kasih kepada masyarakat kabupaten Tuban yang telah mendukung pemerintah daerah. Tidak hanya itu, kerukunan antar masyarakat terjaga yang ditunjukkan dengan Indeks Kerukunan Umat Beragama mencapai poin 80, lebih tinggi dari standar nasional.

Sementara itu, Kepala Desa Karangagung, Aji Agus Wiyoto, S.IP., menyebutkan pembangunan Alun-alun Desa Karangagung beserta kelengkapannya menelan biaya kurang lebih 2 milyar yang bersumber dari Dana Desa Karangagung.

Aji menambahkan, pembangunan Alun-alun diharapkan menjadi icon desa, yang menggambarkan mayoritas warga berprofesi menjadi nelayan. Selain itu, mampu meningkatkan ekonomi warga desa.

“Kami sampaikan terima kasih atas kunjungan bapak Bupati. Ini menjadi kebanggaan bagi kami,” ujarnya. [CH/AM]

Komentar Facebook