28 September 2021

1.821 Nakes di Kabupaten Tuban Divaksin Moderna

 

KIM Ronggolawe– Sedikitnya 1.821 tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Tuban telah menjalani vaksinasi
dosis ketiga jenis moderna, yang berfungsi sebagai immune booster. Pemberian vaksin ini dilakukan secara bertahap hingga Oktober 2021.

“Vaksinasi dosis ketiga bagi Tenaga Kesehatan (Nakes) telah kita mulai sejak 7 Agustus 2021, hingga hari ini sedikitnya 1.821 Nakes sudah mengikuti,” terang Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Tuban Atiek Supartiningsih saat dikonfirmasi, Jumat (20/08).

Ia berkata, jumlah sasaran vaksinasi Nakes di Kabupaten Tuban sedikitnya 3.349 orang yang tersebar di 20 kecamatan dan 33 Puskesmas, yang secara bertahap akan mendapat dosis ketiga jenis Moderna.

Ia juga mengakui bahwa setelah disuntik moderna, para nakes itu ada KIPI-nya mulai dari demam, batuk, pusing dan nyeri. “Kalau seperti itu harus dikompres, makanya kita suntiknya bertahap,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga telah melaksanakan vaksinasi dosis pertama jenis Sinovac bagi Bumil. Namun karena keterbatasan stok vaksin dosis pertama, bumil yang telah ikut vaksinasi baru 76 orang.

Dari keterangannya, stok vaksin untuk bumil masih kosong nunggu droping lagi, bahkan masih banyak juga dosis kedua tertunda karena vaksin datangnya sedikit-sedikit.

“Vaksin ini penting dilakukan untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI), karena dari Pemerintah Pusat sudah ada rekomendasi untuk vaksinasi ibu hamil. Jadi tidak perlu khawatir untuk ikut vaksin,” pungkas Atiek. [CH/AM]