BERITA KIM RONGGOLAWEPERISTIWA

Puluhan Peserta Antusias Ikuti Pelatihan KIM Oleh Diskominfo Tuban

KIM Ronggolawe – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Tuban kembali menggelar sosialisasi dan pelatihan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di Pendopo Kecamatan Kerek, (13/09). 

Kegiatan yang diikuti sekitar 35 peserta dari berbagai komunitas penggiat media sosial serta Karang Taruna dan pengelola website yang ada di 17 desa di kecamatan tersebut.

Dalam sambutannya Kepala Bidang Komunikasi Publik Diskominfo -SP Kabupaten Tuban, Agus Setiawan. SE menyatakan bahwa maraknya peredaran kabar hoax di tengah masyarakat, hendaknya masyarakat lebih selektif untuk memilah berita.

” Dengan adanya pelatihan ini kita berharap Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) yang terbentuk nantinya dapat menjadi jembatan informasi yang akurat serta dapat  menjadi agen perubahan digital dalam tiap-tiap desa, ” harap Agus.

Selain itu Agus juga berharap bahwa KIM dapat memberikan informasi yang benar terhadap masyarakat serta menjadi pilar informasi untuk mempromosikan potensi yang ada di tiap-tiap desa seperti UMKM, wisata, dan lainya.

Sementara itu Camat Kerek, Nanang Wahyudi, saat membuka acara mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Diskominfo SP Tuban, pria hitam manis tersebut menyatakan bahwa di era pesatnya informasi digital saat ini pelatihan bagi penggiat media sosial dan pengelola website desa sangat diperlukan.

” Kita berharap dengan adanya KIM nanti potensi – potensi yang ada di masing – masing desa dapat terekspos sehingga produk lokal desa dapat dikenal luas oleh masyarakat luas,” pungkas Camat.

Di tempat yang sama salah satu peserta kegiatan Ircahmna sangat terbantu dengan adanya kegiatan tersebut, pria yang juga merangkap sebagai Ketua Karang Taruna Desa Jarorejo tersebut berharap bahwa kegiatan seperti ini terus berkelanjutan.

“Kita berharap kegiatan ini tidak hanya putus sampai disini namun, ada kelanjutanya agar masyarakat tidak terprovokasi dengan kabar-kabar yang belum tentu kebenaranya,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut Diskominfo SP Tuban menyiapkan tiga materi untuk peserta, yaitu Jurnalistik, Desain Grafis, dan Videografi. [AM/CH]

 

Related Articles

Back to top button