BERITA KIM RONGGOLAWEPENDIDIKANPERISTIWA

Dies Natalis ke – 17 Unirow Tuban Anugrahi Insan Unirow Berprestasi

 

KIM Ronggolawe – Dalam rangka Dies Natalis Ke-17, Universitas PGRI Ronggolawe Tuban memberikan penghargaan kepada insan berprestasi Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban tahun 2024. Pemberian penghargaan tersebut berlangsung di Hall Lantai 2 Gedung Rektorat Unirow Tuban pada hari ini, senin (08/01) .

Acara yang digelar bertepatan dengan launching Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk tahun Akademik 2024/2025 tersebut, terasa sangat spesial. Lantaran dalam acara itu selain dihadiri oleh Kepala dan jajaran pengurus PPLP PT PGRI Tuban, Rektor, Wakil Rektor, Pejabat Struktural, Mitra Dunia Usaha dan Industri, Mahasiswa, juga turut hadir pula perwakilan dari keluarga para pendiri sekaligus perintis Unirow.

Dalam acara tersebut, Rektor Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Dr. Warli, M.Pd menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada semua pihak yang turut ikut mensuport perjalanan Unirow. “terimakasih atas semua dedikasi dan perjuanganya untuk Unirow selama ini”.

Senada dengan Rektor Unirow, Kepala PPLP PT PGRI Tuban menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah merintis Unirow. Beliau menyampaikan rasa terimaksih kepada keluarga perwakilan para perintis sekaligus pendiri Unirow. “terimakasih kepada keluarga alm bapak Kuat, alm bapak Soepadmo, alm bapak Sutikno, alm bapak Bakisrun, alm bapak Moh. Saleh, alm bapak Gaib Hadisampoerno, alm bapak Wahadi, alm bapak Matkabul, alm bapak Roesmadi, alm bapak Hadi Tugur, Alm Ngarbi, Alm Ayik Wahyudi, Alm Imam Subakir, dan alm bapak Nasiran” ungkapnya Pak Totok dengan perasaan haru.

Dalam peringatan Dies Natalis kali ini, Unirow mengangkat tema “Harmoni Satu Panji Mewujudkan Insan Berprestasi”. Dalam tema tersebut mengandung harapan dan cita-cita untuk mewujudkan insan Unirow lebih berprestasi kedepan.

Seperti yang diketahui bersama, untuk mewujudkan insan berprestasi dan berdaya saing baik secara lokal maupun nasional hingga Internasional tidaklah mudah. Diperlukan sinergitas dan kerjasama sebagai modalnya.
“Untuk menwujudkan insan berprestasi tidak cukup hanya dengan satu orang, tapi harus dengan kerjasama antar semua elemen civitas unirow tuban” sambung Pak Warli.

Dalam perjalannya, pada tahun 2024 ini, tercatat mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe Tuban adalah sebanyak 2869 orang, yang tersebar di 16 Program studi sarjana dan 2 program studi pascasarjana.
Sedangkan jumlah Dosen sebanyak 142 orang. Di mana diantaranya sebanyak 23 orang dengan kualifikasi pendidikan Doktor. 12 orang sedang mempuh pendidikan S3 dan sisanya S2. Sementara untuk jabatan akandemik, 2 orang sebagai Guru Besar, 16 Lektor Kepala, 26 Lektor, 63 Asisten Ahli dan 33 menunggu peroses pengajuan Jabatan Akademik.

Di sisi lain, dalam bidang implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, sejumlah mahasiswa berhasil lolos Program Kampus Mengajar Angkatan Ke-6 dan sekarang yang ke-7. Hibah Praktisi mengajar. Memperoleh hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Prodi Pendidikan Matematika dan Pertukara Mahasiswa. Selain itu, juga diberi kepercayaan untuk menyelengarakan jenjang Pendidikan Profesi Guru (PPG) dari Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan yang saat ini di Unirow sudah ada 2 angkatan mahasiswa PPG.

Di sisi lain dalam bidang Prestasi Mahasiswa, sepanjang tahun 2023 lalu sebanyak 41 mahasiswa memperoleh jura pada Tingkat Nasional. 8 Mahasiswa juara tingkat Propinsi dan 7 mahasiswa meraih juara tingkat Kabupaten.
Sedangkan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), sebanyak 7 mahasiswa dinyatakan lolos dan didanai oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa). Yang terdiri dari 4 sekema PKM 8 bidang dan 3 Progran Insentif.

Selain itu, juga diberi kepercayaan untuk menyelengarakan jenjang Pendidikan Profesi Guru (PPG) dari Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan yang saat ini di Unirow sudah ada 2 angkatan mahasiswa PPG.

Di sisi lain dalam bidang Prestasi Mahasiswa, sepanjang tahun 2023 lalu sebanyak 41 mahasiswa memperoleh jura pada Tingkat Nasional. 8 Mahasiswa juara tingkat Propinsi dan 7 mahasiswa meraih juara tingkat Kabupaten.
Sedangkan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), sebanyak 7 mahasiswa dinyatakan lolos dan didanai oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa). Yang terdiri dari 4 sekema PKM 8 bidang dan 3 Progran Insentif.

Selain itu itu, menurut Rektor, pemberian anugrah ini, merupakan satu rangkaian dari acara-acara peringatan Dies Natalis Unirow yang telah dilaksanakan sejak 4 januari lalu. “Rankaian kegiatan telah kita mulai dari 4 januari hingga hari ini”, ungkapanya.

Rangkaian acara yang pertama, pada tanggal 4 Januari, diadakan ziarah ke makam para pendiri sekaligus perintis Unirow Tuban. Kemudian pada 6 Januari 2024 diadakan senam bersama keluarga besar Unirow, dilanjut dengan perlombaan tingkat Taman Kanak-Kanak higga tingkat Sekolah Menengah Atas. Kemuadia bazar yang dari UMKM, Himaprodi dan beberapa SMA/Sederajat di Tuban.

Terakhir 8 Januari adalah pemberian Penghargaan Bagi Insan Unirow Berprestasi. Dengan kategori anugerah Khusus Untuk Guru Besar, Dosen Berprestasi, Tendik Berprestasi, Mahasiswa Berprestasi, Progran Studi Berprestasi, UKM Berprestasi Dan Himaprodi Berprestasi. [*/AM]

Related Articles

Back to top button