Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Tinjau Pelaksanaan UNBK SMP/MTs, Wabup: Siapkan Kondisi Fisik dan Mental

Tinjau Pelaksanaan UNBK SMP/MTs, Wabup: Siapkan Kondisi Fisik dan Mental

24 April 2018 10:50 am | diplublikasikan oleh |

Wabub saat tinjau UNBK SMP/MTs

KIM Ronggolawe –  Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein  M.Si, meninjau secara langsung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di  beberapa sekolah tingkat SMP/MTs di Kabupaten Tuban, Senin (23/04/).

Wabup yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Tuban, Drs. H. Sutrisno MM, dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Drs. Sahid MM,  mengecek dan memastikan pelaksanaan UNBK tingkat SMP/MTs secara langsung di lapangan berjalan lancar. Baik di bidang sarana prasarana, maupun ketertiban selama pelaksanaan ujian.

Pada kesempatan  itu alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut meminta, pihak sekolah menyiapkan genset untuk mengantisipasi bila listrik padam.

“Saya meminta kepada pihak sekolah untuk mengantisipasi semua kemungkinan yang dapat terjadi,” kata Noor Nahar Husein.

Pejabat dua periode ini juga berpesan kepada siswa, bahwa UNBK harus menyiapkan diri sebaik mungkin. Selain belajar, para siswa harus menyiapkan kondisi fisik dan mental agar dapat menghadapi ujian secara maksimal.

Ketua Komda Lansia Tuban ini mengintruksikan, pihak sekolah dan panitia pelaksana UNBK untuk mengevaluasi jalannya ujian. Berkaitan dengan pelaksanaan UNBK sebanyak tiga sesi, politisi asal Rengel itu meminta,  agar aspek tersebut juga diperhatikan, dan menjadi bahan evaluasi untuk pelaksanaan kegiatan serupa mendatang.

“Perlu diperhatikan apakah terdapat perbedaan antara siswa yang mengerjakan UNBK pada tiap sesinya,  sehingga hal tersebut dapat menjadi bahan evaluasi tahun mendatang,” tutur Ketua DPC PKB Tuban tersebut.

Sementara itu, Kasi Kurikulum SMP Dispendik, Moh. Solikin,  menuturkan, pada tahun 2018 sebanyak 15.321 siswa yang berasal 171 SMP/MTs di Kabupaten Tuban serentak melaksanakan UNBK mulai hari ini. Sedangkan sejumlah 419 siswa dari 13 SMP/MTs mengikuti Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

“Kami akan terus memantau pelaksanaan UNBK, dan UNKP di Kabupaten Tuban. Jika terjadi perubahan data peserta atau yang lain, kami akan segera mengetahuinya,” jelas Solikin.

Terkait dengan pelaksaan UNBK yang terbagi menjadi tiga sesi, Solikin menyampaikan,  sebelum pelaksanaan UNBK telah dilaksanakan simulisasi. Dengan begitu peserta lebih siap untuk mengikuti ujian akhir sekolah.

Adapun sekolah yang dikunjungi Wabup Noor Nahar Husein bersama rombongan diantaranya,  SMPN 1 Merakurak,  dan MTs Salafiyah Merakurak. [CH/AM]

Komentar Facebook