BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAPERISTIWA

Warga Karangasem Gruduk PT. IKSG, Tuntut Ketransparanan Tenaga Kerja

KIM Ronggolawe – Puluhan masa yang terdiri dari warga Desa Karangasem Kecamatan Jenu yang didukung oleh Aliansi Karang Taruna Ring 1 PT. Semen Indonesia, Rabu (05/12) menggelar aksi unjuk rasa  di depan kantor PT. IKSG Tuban, turut Desa Socorejo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban menuntut anak perusahaan berpelat merah tersebut untuk transparan dalam perekrutan tenaga kerja.

Pasalnya menurut koordinator aksi Ahmad Arif dalam orasinya mengatakan PT. IKSG yang bergerak dalam bidang produksi kantong semen itu telah melakukan perekrutan 10 tenaga kerja yang diduga merupakan tenaga kerja dari non ring.

” Ini bukti jika kami tidak diperhatikan oleh PT. IKSG, keluarkan 10 orang yang telah direkrut perusahaan sekarang juga,” Tegas Arif lewat pengeras suara.

Selang beberapa jam kemudian perwakilan perusahaan bersedia menerima perwakilan pendemo untuk menyampaikan aspirasinya, namun diduga tidak adanya kesepekatan antara tuntutan pendemo dan perusahaan, perwakilan pendemo pun bergegas meninggalkan ruangan mediasi dengan keecewaan dan berjanji akan melakukan aksi kembali.

“Hasil dari mediasi tidak sesuai yang kita inginkan, pihak perusahaan menolak untuk mengeluarkan 10 orang yang telah dipekerjakan untuk itu Senin depan kita akan gelar demo lagi di perusahaan induknya (PT. Semen Gresik : Red),” tegas Shodikin pria yang juga Kepala Desa Karang Asem tersebut.

Terpisah, Kepala Seksi sumber daya manusia dan hukum PT.IKSG, Agus P, mengatakan bahwa perekrutan tenaga kerja yang dilakukan telah sesuai prosedur dan telah berkomunikasi dengan berbagai pihak.

“Rekrutmen dibidang ini membutuhkan keahlian dan ketrampilan serta persyaratan khusus, inipun sebelumnya telah kami komunikasikan dengan perangkat desa dilingkungan perusahaan,” tulis Agus melalui pesan singkatnya.

Dari pantauan dilapangan aksi demo yang diikuti oleh puluhan peserta tersebut berjalan lancar dengan pengawalan petugas dari Polres Tuban. [AM/HA]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker