Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Program SIMBA Polres Tuban, Hernawati: 1 Kali Ikut Tes Langsung Lulus

Program SIMBA Polres Tuban, Hernawati: 1 Kali Ikut Tes Langsung Lulus

19 November 2019 1:27 pm | diplublikasikan oleh |

KIM Ronggolawe– Inovasi yang menjadi andalan Polres  Tuban melalui SIMBA (SIM Bhabinkamtibmas) yang merupakan terobosan Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono, S.H., S.Ik.,M.Si., tampaknya benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Tuban.

Beberapa warga Bumi Wali Tuban mengikuti bimbingan dan latihan SIMBA di Polsek-Polsek untuk mendapatkan golongan SIM C.

Dengan bimbingan para Bhabinkamtibmas yang sudah ditunjuk di masing-masing Polsek, warga tampak bersemangat untuk mengikuti pelatihan yang diberikan. Pelatihan meliputi ketrampilan mengemudi untuk  ujian praktik dan pengetahuan tentang lalu lintas untuk ujian teori.

Keberhasilan program SIMBA dibuktikan dengan antusias warga yang mengikuti pelatihan di Polsek-Polsek 20 kecamatan jajaran Polres Tuban.

Sebagaimana pengakuan dari warga yang mengukuti program SIMBA di Polsek Merakurak yang bernama Titik Hernawati, perempuan asal Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban mengaku sangat terbantu dengan adanya pelatihan SIMBA. Ia mengaku sebelumnya tidak mengerti sama sekali tentang bagaimana tata cara membuat SIM maupun ujian teori dan praktik SIM, namun setelah melakukan latihan yang dibimbing Bhabinkamtibmas akhirnya berhasil mendapatkan Sim C dengan biaya sesuai ketentuan.

“Saya sangat terbantu dengan program SIMBA Polres Tuban, awalnya saya tidak tahu materi teori maupun praktiknya, namun berkat bimbingan dan kesabaran Bhabinkamtibmas saya hanya 1 kali ikut tes langsung lulus,” kata Titik, Selasa (19/11/2019).

Masyarakat Tuban lainnya yang telah berhasil mendapatkan SIM dari program SIMBA adalah Moh. Nur cholis, asal Desa Sokogunung kecamatan Kenduruan telah berhasil melewati ujian tes SIM C berkat pelatihan SIMBA yang diadakan Polsek Kenduruan, selain itu juga Suwani warga Tuwiri Kulon kecamatan Merakurak mengikuti pelatihan SIMBA selama seminggu di Polsek Merakurak akhirnya bisa lulus ujian SIM C dengan satu kali tes saja.

Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono mengatakan bahwa Program SIMBA memang sengaja dibuat untuk memudahkan masyarakat yang ingin memiliki SIM namun terkendala karena kurangnya pengetahuan tentang lalu lintas.

Sehingga, lanjut Kapolres pihaknya mengintruksikan jajaran Polsek di 20 kecamatan untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin melakukan pengurusan SIM.

“Masyarakat akan kita bekali teori maupun praktik tata cara mengikuti tes SIM dengan pengetahuan lalu lintas, sehingga saat tes sesungguhnya di Polres Tuban mereka sudah paham,” pungkas Nanang. [CH/AM]

Komentar Facebook