BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAPERISTIWA

Peringatan Bulan K3, SIG Pabrik Tuban Ingatkan Pentingnya Jaga Keselamatan

 

 

KIM Ronggolawe – Management PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SIG) Pabrik Tuban mengingatkan kepada ratusan pekerja yang beraktivitas di Terminal Khusus (Tersus) Semen Indonesia untuk selalu menjaga keselamatan dalam bekerja. Hal tersebut disampaikan management pada peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2024 di Tersus Semen Indonesia Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Pada peringatan Bulan K3 Nasional 2024 Tersus Tuban dengan tema “ Budayakan K3, Sehat & Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha” tersebut GM of Maintenance SIG Pabrik Tuban, Agus Widadi mengatkan, bahwa safety adalah sebuah kebutuhan. Selain itu, safety juga menjadi barometer dan penunjang keberhasilan usaha.

“Kecelakaan kerja di Indonesia sangat miris sekali. Karena dari tahun ke tahun kecelakaan kerja selalu meningkat. Dan kejadian fatality mayoritas terjadi pada pekerja usia muda antara 18 sampai 20an tahun. Hal ini harus menjadi perhatian dan jangan sampai terjadi di tempat kita,” ungkapnya.

Menurutnya, data kecelakaan kerja di Indonesia pada tahun 2021 ada sekitar 230 ribuan, pada tahun 2022 ada sekitar 298 ribuan, dan pada tahun 2023 ada sekitar 360 ribuan kecelakaan kerja. Untuk itu, managemen SIG berkometmen untuk melakukan berbagai improvement untuk melindungi pekerjanya dari kejadian yang tidak diinginkan dalam bekerja.

”Memang pada awalnya untuk mentaati aturan-aturan safety akan terasa berat. Dan kita harus menyadari jika terjadi fatality tidak hanya kita saja yang dirugikan. Namun, keluarga, teman, atasan, dan perusahaan turut dirugikan,” tandasnya.

Sementara itu, GM of SCM Infrastructure Management 2, Agus Sanyoto mengatakan, hendaknya dalam segala aktivitas safety ada di depan. “Dan mari kita tanyakan kepada diri kita masing-masing apakah kita sudah menerapkan pola safety ketika berangkat bekerja dari rumah sampai pulang kerumah lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut Agus Sanyoto mengatakan, seharusnya Safety is Our Priority menjadi bagian penting dalam kehidupan yang tidak bisa terpisahkan. Safety harus dimulai dari hal yang terkecil, misalnya menggunakan helm saat berangkat kerja naik motor.

“Jangan berpikir kalau melaksanakan safety itu repot. Namun, mari kita berpikir bagaimana repotnya kalau kita mengalami kecelakaan kerja. Tidak hanya teman atau atasan dilungkungan kerja yang mengalami kerepotan, tapi keluarga kita juga repot,” pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut juga diberikan reward kepada para pekerja yang telah berkomitmen menjalankan safety dalam bekerja. Selain itu, pada peringatan Bulan K3 itu juga dihadiri KSOP Kelas III Tanjung Pakis Faiq Kurniawan, Kanwilker Jenu KSOP Kelas III Tanjung Pakis Aris Mariyoko, Kops Airud Tuban Joko, Head of jetty Operation SBI Rhizal Andi Kartika, serta pejabat SIG Pabrik Tuban. [*/AM]

 

Related Articles

Back to top button