Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » CSR Fest Semen Indonesia Wujud Nyata Implementasi Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Perusahaan

CSR Fest Semen Indonesia Wujud Nyata Implementasi Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Perusahaan

15 Januari 2020 3:54 pm | diplublikasikan oleh |

KIM Ronggolawe – Sebagai bentuk apresiasi terhadap implementasi pemberdayaan masyarakat di area pengembangan pabrik Tuban, PT. Semen Indonesia ( PT. SI) Pabrik Tuban menggelar CSR Fest Semen Indonesia 2020. Bertempat di Graha Sandiya, Merakurak kegiatan ini dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Tuban; Direktur PT. Semen Indonesia pabrik Tuban; sejumlah pimpinan OPD dan Camat, Rabu (15/01).

Mengusung tema “Janma Swamandaya – Masyarakat Berdaya Bersama Semen Indonesia”, kegiatan ini juga diikuti Kepala Desa dan mitra binaan di sekitar pabrik Semen Indonesia. Pada kesempatan ini juga diserahkan penghargaan kepada desa Pelaksana Program Pemberdayaan Masyarakat Terbaik, yaitu Desa Tlogowaru dengan 7 pemberdayaan Aditama; Desa Bogorejo dengan 6 pemberdayaan Madya; dan Desa Sugihan dengan 6 pemberdayaan utama.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban, H. Fathul Huda menyampaikan apresiasi atas berbagai program CSR yang dilakukan PT. SI. Menurutnya, program pemberdayaan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. “Program CSR PT SI menjadi percontohan pelaksanaan CSR bagi perusahaan lain dan patut ditiru,” ungkapnya.

Lebih lanjut, PT SI diharapkan dapat lebih meningkatkan progam pelestarian lingkungan. Area bekas tambang dapat ditanami dengan tanaman keras, seperti pohon durian maupun tanaman lain. Selain menjadi lahan penghijauan juga dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata. “Dengan demikian mampu meningkatkan ekonomi masyarakat,” terangnya.

Bupati Tuban menyatakan hubungan harmonis antara PT SI dan masyarakat mampu mendukung jalannya operasional pabrik. Sehingga apa yang menjadi kebutuhan dan usulan dari masyarakat dapat ditampung dan diwujudkan perusahaan.

Orang nomor satu di Bumi Wali berharap masyarakat mendukung program kegiatan yang dilakukan PT SI. Dengan terjalin komunikasi dan koordinasi yang baik, mampu mendukung pembangunan desa dan masyarakat.

Sementara itu, Direktur PT. Semen Indonesia, M. Syaifuddin, ST., MM., menerangkan PT. SI berterima kasih atas dukungan Pemkab dan masyarakat Kabupaten Tuban sehingga mampu beroperasi dengan baik. Pada bulan Desember 2019 lalu, PT SI juga memperoleh CSR Award dari Pemkab Tuban pada kategori Bidang Pendidikan dan Bidang Pemberdayaan Masyarakat.

Program CSR PT SI secara umum terbagi 2 jenis, yaitu inisiasi perusahaan dan usulan masyarakat. Selain menginisiasi, CSR PT SI juga memberikan pendampingan secara intens.

Manajemen PT SI juga terus mengevaluasi program CSR yang dilakukan. Di samping itu, juga ditetapkan indikator pencapaian terhadap pelaksanaan program CSR tersebut. Tujuannya, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas program pemberdayaan ini

Syaifuddin menambahkan pihaknya berkeinginan untuk terus meningkatkan sinergitas dan koordinasi antara PT SI dengan Pemkab. Tidak hanya itu, mampu dilakukan sinkronisasi progam CSR PT SI dengan program prioritas Pemkab Tuban. Sehingga mampu mendukung upaya untuk menyejahterakan masyarakat.

Manajer CSR Pabrik Tuban, Siswanto, ST., menjelaskan program unggulan CSR PT. SI Pabrik Tuban tersebar 26 desa di 3 kecamatan dengan total penerima 267 OMS. Pelaksanaan CSR terbagi diantaranya di bidang pendidikan (SI Cerdas); kesehatan (SI Sehat); pelestarian lingkungan (SI Lestari); sosial (SI Peduli); dan pemberdayaan ekonomi masyarakat (SI Mandiri). “Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi, publikasi, dan peningkatan kualitas program CSR PT SI kepada penerima manfaat,” pungkasnya. [CH/AM]

Komentar Facebook