Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Lebih dari 900 CJH Kabupaten Tuban Mengikuti Pemantapan Manasik Haji

Lebih dari 900 CJH Kabupaten Tuban Mengikuti Pemantapan Manasik Haji

12 Maret 2020 3:24 pm | diplublikasikan oleh |

KIM Ronggolawe– Sebanyak 900 orang lebih Calon Jamaah Haji (CJH) yang berasal dari seluruh wilayah di Kabupaten Tuban mengikuti kegiatan pemantapan bimbingan manasik haji yang digelar oleh PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban (SIG) di Komplek Perumdin Semen Gresik di Tuban, Rabu (11/3).

Pelaksanaan kegiatan pemantapan manasik haji ini terbagi menjadi 5 sesi. Diawali jadwal kegiatannya pada 11 Maret, yakni acara pembukaan dan dilanjutkan dengan pemberian materi bagi calon jamaah haji tentang Serba serbi haji oleh KH. Sholahuddin Fatawi, dari Lasem, Jawa Tengah. Berikutnya adalah materi tentang ‘Haji Tamattu’ yang disampaikan KH. M. Achmad Ainul Yaqin, dari Kingking, Tuban pada 18 Maret mendatang.

Sesi berikutnya, para CJH akan diberikan materi Thoharoh, sholat jama dan qoshor yang akan disampaikan KH. Jauhari Fahmi, dari Senori, Tuban pada 25 Maret 2020 mendatang. Kemudian pada 01 April 2020 CJH Kabupaten Tuban bakal diberikan materi Hikmah Haji yang bakal disampaikan oleh KH. M. Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) dari Kragan, Jawa Tengah. Sedangkan yang terakhir para CJH Bumi Wali bakal diajak melakukan praktek Haji Tamattu pada 05 April 2020 mendatang.

GM of Corporate Communication Semen Indonesia, Fardhi Sjahrul Ade menyampaikan bahwa kegiatan pemantapan bimbingan manasik haji ini telah rutin setiap tahun diselenggarakan oleh perusahaan dan saat ini sudah ke-17 kalinya sejak tahun 2004 lalu. Jumlah pesertanya pun relatif lebih dari 70 persen dari jumlah keseluruhan CJH di Kabupaten Tuban.

Substansi materi dalam kegiatan pemantapan manasik haji ini sangat komprehensif dalam pengajaran terkait fiqih serta aspek-aspek praktis haji. Dalam keikutsertaan kegiatan bimbingan ini peserta tidak dipungut biaya apapun. Bahkan, perusahaan telah menyediakan konsumsi, transportasi untuk antar jemput peserta.

“Serta tempat dan sarana praktik yang memadai agar kegiatan ini bisa dimaksimalkan hasilnya,” ungkapnya.

Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan salah satu upaya SIG dalam mewujudkan keperdulian dan pemberdayaan untuk masyarakat di Kabupaten Tuban, khususnya di wilayah sekitar perusahaan. Dalam pelaksanaannya kegiatan ini juga bekerjasama dengan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban.

“Semoga apa yang telah diberikan oleh perusahaan ini dapat mendukung kelancaraan dalam menjalankan ibadah haji di tanah suci nanti, dan menjadikan haji yang mabrur, aamiiin,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Tuban, M. Sahid mengatakan pada tahun 2020 ini CJH Tuban yang berangkat ke tanah suci sebanyak kurang lebih 1.250 orang. Jumlah jamaah yang berangkat ini merupakan terbanyak dalam sejarah pemberangkatan haji Tuban. “Insyaallah Tuban akan berangkat pada kloter awal,” terangnya.

Pejabat asal Gresik tersebut juga mengapresiasi SIG yang telah memberikan fasilitas manasik dan bimbingan haji kepada CJH Kabupaten Tuban. Sehingga, hal ini dapat menambah ilmu dan wawasan para CJH sebelum ke tanah suci.

“Dan fasilitas disini ini paling representatif dan paling baik se-Jawa Timur. Oleh karena itu para jamaah patut bersukur dan berterima kasih kepada Semen Indonesia,” pungkasnya. [CH/AM]

Komentar Facebook