BERITA KIM RONGGOLAWEPEMERINTAHANPERISTIWA

Tuban Raih Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2018

Bupati Tuban saat menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari Menteri P3A.

KIM Ronggolawe – Mendekati penghujung tahun 2018, Pemkab Tuban kembali mendapatkan Penghargaan. Kali ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) berbuah Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2018 Kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) RI.


Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A), Yohana Yembise kepada Bupati Tuban, H. Fathul Huda yang pada kesempatan ini didampingi oleh Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disnsos P3A) Tuban, Nurjanah, SH., MM. di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Rabu (19/12).


Sebelumnya dalam sambutannya Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla mengatakan bahwa kesetaraan gender sejatinya merupakan kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan sebagai manusia agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, sosial-budaya, dan keamanan. “Serta kesamaan dalam menolah dan menikmati hasil pembangunan,” ujarnya.


Wapres menambahkan bahwa kedepan diharapkan semua stakeholder terkait, secara serius dapat bekerja sama dan berkolaborasi menjadikan perempuan dan anak berada pada garis aman, mandiri, bermartabat dan berkualitas. “Untuk memastikan hal tersebut memang tidaklah mudah tetapi dengan berbagai Kebijakan yang ada saat ini serta kepedulian Pemerintah Daerah, diharapkan dapat menurunkan angka kekerasan perempuan dan anak, trafficking, dan memastikan perempuan memiliki akses sumber daya ekonomi,” imbuhnya.


Diraihnya penghargaan ini menurut Kepala Dinsos P3A berhasil didapatkan setelah sebelumnya di laksanakan evaluasi PUG oleh tim penilai dari Kementrian P3A dan Tim Independen. Adapun paparan pada saat verifikasi Data APE untuk Kabupaten Tuban telah dilaksanakan 14 November 2018 yang lalu di Ruang Rapat Lantai 2 Bappeda Provinsi Jawa Timur yang disampaikan langsung oleh Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si.


Nurjanah mengemukakan bahwa Penghargaan ini diraih atas dukungan dan kerjasama yang baik antar OPD yang terkait dengan kegiatan PUG dan pemberdayaan Perempuan di Kabupaten Tuban seperti Dinsos P3A, Bappeda, BPPKAD, Dinkes dan OPD terkait lainnya. Selain itu juga adanya dukungan yang kuat dari Polres, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Lembaga Swadaya Masyarakat, lembaga Bantuan Hukum, Perguruan Tinggi dan juga Dunia Usaha serta masyarakat yang ada di Kabupaten Tuban.


Lebih lanjut Nurjanah mengatakan bahwa berbagai program kegiatan PUG dan pemberdayaan perempuan telah dijalankan oleh Dinsos P3A seperti dengan Pembangunan Sistem Pendataan Dinamika Gender, Fasilitasi Pengembangan Pusat Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2TP2A), Fasilitasi Pemberdayaan Keluarga bersama PKK serta Pembinaan dan Pelatihan Keterampilan Kerja bagi anggota Organisasi Perempuan di Kabupaten Tuban.


Diraihnya Penghargaan APE Tahun 2018 juga tidak lepas dari berbagai Inovasi dari Dinsos P3A seperti dibentuknya PARALEGAL yaitu orang sipil yang dilatih dalam pendampingan kasus kekerasan pada perempuan dan anak (Bukan pada ranah hukum), dan PERMATA (Persalinan Aman dan Tertata) dengan tujuan menurunkan angka kematian Ibu dan Bayi di Tuban.


Bupati Tuban setelah menerima Penghargaan ini memberikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Dinsos P3A bersama semua OPD dan Stake Holder Terkait yang telah dengan serius dalam melaksanakan dan mengawal jalannya program PUG dan pemberdayaan Perempuan di Kabupaten Tuban.


Program PUG menurut Bupati bertujuan agar terwujudnya suatu keadilan dan kesetaraan antara laki-laki dan Perempuan. “tetapi setara disini tentu harus sesuai dengan kodratnya masing-masing.” ujar Bupati Huda.


Bupati berharap dengan diperolehnya penghargaan APE dapat lebih meningkatkan perhatian masyarakat terhadap peran perempuan dalam berbagai bidang, penghargaan ini juga diharapkan dapat menekan angka kejahatan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Tuban. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button