BERITA KIM RONGGOLAWEPEMERINTAHANPENDIDIKAN

Bupati Berangkatkan Peserta KKN Unirow Tuban Secara Daring

 

KIM Ronggolawe– Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.

KKN yang akan dilaksanakan mulai 22 Juli sampai 22 Agustus 2021 itu diikuti sedikitnya 405 mahasiswa. Pengabdian masyarakat ini akan dilaksanakan di 3 kabupaten yang tersebar di 25 desa/kelurahan yaitu dengan rincian Tuban sebanyak 19 desa/kelurahan, Lamongan di 5 desa/kelurahan dan di Rembang 1 desa/kelurahan.

Kepala Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Unirow Tuban, Hendra Suwardana, M.SM menjelaskan bahwa tema KKN Tematik Tahun ini adalah “Pemberdayaan Masyarakat Desa Menuju Kampung Tangguh Di Era Merdeka Belajar Kampus Merdeka”.

“Tema ini diambil atas dasar perhatian Unirow terhadap kondisi kekinian yang ada di sekitar kita,” terangnya, Kamis (22/07).

Sehingga harapannya, dengan adanya KKN ini dapat membantu tugas- tugas pemerintah dalam melakukan penanggulangan pandemi covid-19 serta memberikan semacam blue print terhadap pengembangan potensi ekonomi lokal yang ada di masyarakat kepada pemerintah.

Sementara itu, Rektor Unirow Tuban Prof. Dr. Supiana Dian Nurtjahyani, M.Kes memberikan apresiasi yang tinggi atas terselanggaranya kegiatan ini.

Selain itu, Prof. Dian sapaan akrabnya juga menjelaskan bahwa KKN menjadi program utama dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan tujuan utama menghasilkan lulusan dan kompetensi lulusan yang mengikuti zaman.

“KKN ini memiliki tiga tugas utama dalam bersinergi dengan Pemerintah Daerah yaitu membantu pencegahan penyebaran Covid-19, menggali potensi lokal daerah dan menggali potensi desa,” timpalnya.

Prof. Dian juga berharap bahwa dengan adanya KKN Unirow Tuban ini dapat membantu dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk dapat menjalankan program-programnya melalui konsep Pendidikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Hal senada juga disampaikan Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE dalam sambutannya usai memberangkatkan peserta KKN secara Daring mengucapkan terimakasih dan apresiasinya, bahwa Unirow memang luar biasa di tengah kondisi Covid-19 yang mengganggu masyarakat, namun mahasiswa Unirow sangat bersemangat membantu masyarakat dalam penanggulangan Covid-19.

Selain itu, Bupati Lindra juga menyampaikan adanya tiga tugas utama yang disampaikan oleh Rektor Unirow Tuban menjadi salah satu bentuk sinergi Pemerintah Kabupaten dan Universitas.

“Tema KKN Unirow sangat luar biasa, yang salah satunya menggali potensi desa. Hal ini sesuai dengan program kami yaitu satu desa satu unggulan,” jelas Bupati Tuban.

Mas Bupati Lindra sapaan akrab Bupati Tuban juga berharap bahwa mahasiswa dan mahasiswi Unirow yang ditempatkan di beberapa desa bisa memberikan edukasi sedetail-detailnya dan dapat mengkomunikasikan secara baik kepada Masyarakat dalam menyelesaikan pandemi Covid-19. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button