BERITA KIM RONGGOLAWEPERISTIWA

Gempa Tuban, Satu Rumah di Kerek Ambruk

KIM Ronggolawe – Gempa bumi dengan magnitudo 6,1 yang berpusat di 130 kilometer timur laut Kabupaten Tuban , Jumat (22/03) sekitar pukul 11.22 WIB   dirasakan oleh hampir seluruh warga Kabupaten Tuban bahkan hingga luar Kabupaten. 

Di Desa Kedungrejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban satu rumah dilaporkan mengalami kerusakan dan nyaris rata dengan tanah akibat gempa susulan yang terjadi sekitar pukul 15. 55 WIB.

Kekuatan gempa susulan tersebut dirasa lebih besar ketimbang yang pertama yakni diperkirakan mencapai 6,5 skala richter sehingga mengakibatkan rumah  milik , Sujani (61) warga RT. O3 RW. 02 Dusun Puter Desa Kedungrejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban rusak berat pada bagian dinding serta atap ambruk.

Pemerintah Desa  (Pemdes) Kedungrejo melalui Sekretaris Desa (Sekdes) Wafiyul Khoiri, kepada media ini menyatakan bahwa pihak Pemdes telah melaporkan kejadian tersebut ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, serta pihaknya akan berupaya untuk memaksimalkan penanganan atas terjadinya bencana tersebut.

” Kami sudah berkoordinasi dengan pihak pemerintah Kecamatan serta meneruskanya ke BPBD Tuban, dan atas nama Pemdes kami akan mengupayakan pembangunan kembali rumah warga yang rusak”  ujar Carik Wafi.

Terpisah Camat Kerek Nanang Wahyudi saat di hubungi melalui telepon membenarkan apa yang disampaikan oleh sekdes, ia menambahkan selain melaporkan ke BPBD  pihaknya juga telah melaporkan kejadian tersebut ke  Baznas Kabupaten Tuban.

“ Sudah ada pantauan dari Forkopimka, semoga keluarga korban bersabar dan bertawakal, dan untuk rehab dapur sudah saya komunikasikan dengan pihak desa dan akan segera ditangani, ” kata Camat melalui aplikasi chat singkat.

Sementara itu hingga berita ini ditulis aparat TNI dari Koramil Kerek, Polsek Kerek, Satpol PP , serta sejumlah warga masih berjibaku mengevakuasi reruntuhan rumah tersebut, meskipun tidak ada korban jiwa namun kejadian tersebut menelan kerugian mencapai Rp. 10 juta. [AM/HA]

 

Related Articles

Back to top button