BERITA KIM RONGGOLAWEBUDAYAINDUSTRI & WIRAUSAHAPENDIDIKANPERISTIWAPRODUK UNGGULAN

SMP IT Al Uswah Tuban, Ajak Siswa Dalami Batik

img_20160929_101505-picsay

KIM Ronggolawe –  Sebanyak 74 Siswa siswi  kelas VIII SMP Islam Terpadu Al Uswah Tuban, Kamis (28/09) menyelenggarakan Integral Learning atau pembelajaran terpadu seni membatik di Sanggar Batik Sekar Ayu Desa Kedungrejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban.

Kegiatan yang di selenggarakan rutin tiap tengah semester ini, menurut Mukrimun selaku pimpinan rombongan, bertujuan untuk pembelajaran diluar sekolah agar para siswa dapat mengenal dan belajar cara membatik secara langsung ” Sengaja kami memilih Sekar Ayu ini, karena Sekar Ayu merupakan produsen batik terbesar di Kabupaten Tuban ini “ Tuturnya.

Sementara itu para siswa yang ikut dalam kegiatan tersebut sangat antusias untuk mendalami proses awal dari membatik, mulai membuat pola batik, cara memegang canting, hingga membatik kain yang sudah di sediakan oleh sanggar tersebut.

“Saya merasa senang bisa menambah pengetauhan tentang batik, meski kesulitan karena masih baru pertama kali memegang canting “  Ungkap Nur Fauziyah salah satu siswi tersebut.

Hal senada juga di sampaikan Inebeti Rahmawati  ia mengatakan bahwa kendala  yang dialaminya adalah membuat gambar pola ” Susah, Masih belum muncul ide masih bingung mau buat pola apa “ Katanya.

Namun lain halnya dengan Hasta Safanah, ia mengaku bahwa dalam kegiatan membatik ini tidak mengalami permasalahan ” Tidak ada kendala dan saya lansung bisa karena sudah dapat ide untuk membuat pola batik sebelum acara di mulai” Katanya sambil memamerkan hasil karyanya.

Sementara dari siswa putra yang ikut dalam kegiatan tersebut, juga tak jauh beda dengan yang disampaikan siswa putri “Sangat sulit megang canting ke atas kain, masih kaku karna belum terbiasa, tapi seneng banget, banyak manfaatnya, selain itu kita bisa mengetahui  sejarah batik dari tradisional sampai go internasional” Ungkap Faizol Malik Wijaya yang berkeinginan jadi pengusaha batik kelak jika dewasa nanti. [AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button