BERITA KIM RONGGOLAWEBUDAYAHIBURAN

Peringati 1 Suro, Margorejo Gelar Pementasan Wayang Kulit & Bucu Robyong

_20161003_213523KIM Ronggolawe – Sudah menjadi tradisi dan agenda tahunan dari warga Desa Margorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban, menyelenggarakan peringatan malam 1 Suro, seperti tahun tahun sebelumnya untuk malam ini, Senin (03/10) bertempat di Balai Desa setempat kembali panitia menyelenggarakan pagelaran wayang kulit dan juga tradisi Bucu Robyong guna memperingati tahun baru jawa 1950 tersebut.

Yang membedakan dengan peringatan malam 1 Sura di tempat tempat lainya adalah dengan adanya Bucu Robyong, yang mana bucu atau tumpeng tersebut terbuat dari segala rempah rempah hasil bumi, seperti jagung, padi, berbagai kacang kacangan, sayur mayur, buah buahan, dan bermacam macam hasil panen lainya.

Bucu Robyong

Bucu Robyong dengan tinggi hampir 2,5meter dengan diameter sekitar 1,8 meter itu nantinya tepat pukul 00:00 akan di bacakan do’ a sebelum nantinya akan diperebutkan oleh warga yang hadir untuk ngalap berkah.

” Acara ini bertujuan untuk melestarikan budaya, sekaligus bentuk wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT, dan semoga di tahun yang akan datang semua warga Desa Margorejo di berikan keberkahan serta terhindar dari marabahaya “ Ungkap H. Darkup selaku ketua panitia dalam acara tersebut.

Dalam pementasan wayang kulit tersebut pihak panitia menghadirkan Dalang lokal dari Desa setempat, Ki Edi Siswanto yang mana dalam pementasanya mengambil cerita Wahyu Makuto Romo. [AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button