BERITA KIM RONGGOLAWEPENDIDIKANPERISTIWA

Program Bimbel PT Semen Gresik Targetkan Siswa Tembus PTN

KIM Ronggolawe – Komitmen PT. Semen Gresik (SG) pabrik Tuban untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di lingkungan sekitar perusahaan dalam berbagai bidang terus dijalankan, selain di bidang kesehatan, ekonomi, kesejahteraan juga dibidang pendidikan. Khusus di bidang pendidikan, program baru telah diluncurkan untuk melengkapi program sebelumnya (bea siswa). Program bimbingan belajar (bimbel) kali ini diperuntukkan bagi para siswa kelas XII SMA sederajat di sekitar wilayah perusahaan untuk dipersiapkan menembus perguruan tinggi negeri (PTN).

Kepala Departemen Komunikasi dan Sarana Umum PT Semen Gresik, Aris Sunarso, Jumat (08/12) melalui rilis menyatakan, selama ini siswa dari sekolah yang jauh dari kota, seperti di sekitar perusahaan cenderung masih kalah dalam bersaing masuk PTN, dibanding siswa yang bersekolah di wilayah kota.

“Perusahaan melalui program bimbel untuk siswa berprestasi ini berkeinginan agar siswa di wilayah sekitar semakin besar peluangnya bisa menembus PTN,” imbuh Aris.

Dalam program ini, Semen Gresik menyiapkan 40 siswa yang terdiri dari dua jurusan, yakni jurusan IPA terdapat 20 siswa serta 20 siswa lainnya dari IPS. Mereka berasal dari sekitar wilayah pengembangan perusahaan, yakni di Kecamatan Kerek, Merakurak dan Jenu.

‘’Para siswa yang kami bina ini adalah siswa dari keluarga kurang mampu, karena kami ingin mengangkat potensi mereka. Ada siswa yang pintar namun tidak mampu masuk ke PTN dikarenakan kurang fasilitas (pra sejahtera), seperti inilah yang akan kami fasilitasi,’’ jelasnya.

Karena itu, sebanyak 40 siswa yang sebelumnya telah dinyatakan lolos dalam beberapa tahapan seleksi untuk menjadi peserta program ini, akan diberi bimbingan belajar khusus yang bertempat di Kantor Pusat Semen Gresik di Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Disamping mendapatkan buku materi, biaya transport bagi siswa yang mengikuti program ini pun setiap bulannya disediakan oleh perusahaan serta diberikan pelatihan motivasi & pengembangan diri, termasuk juga adanya konseling dengan menghadirkan orang tua siswa guna mendampingi masing-masing anaknya. Bahkan tenaga pengajar telah disiapkan oleh perusahaan dengan menggandeng guru-guru yang ahli di bidangnya masing-masing dari sekolah-sekolah favorit di Tuban kota.

Dikarenakan terdapat 2 (dua) jurusan, bimbingan belajar pun dibagi menjadi dua, kelas IPA dan IPS. Proses pembelajaran dilaksanakan cukup lama, mulai 6 November sampai 28 Juni 2018 nanti dengan 4 kali pertemuan per minggu berdurasi mulai pk. 15.00 sampai 18.00 WIB. Melalui proses belajar yang cukup panjang tersebut, diharapkan para siswa nantinya bisa benar-benar siap menembus kursi PTN dengan kemampuannya.

’Tujuan kami, di sekitar perusahaan banyak anak-anak cerdas yang bisa masuk PTN, agar ke depan akan sangat berguna untuk masa depan mereka, juga negara,’’ kata putra daerah asli Kecamatan Montong ini.

Peserta program ini, sebelumnya telah melampaui tahap seleksi baik tes akademik, tes psikologi serta tes wawancara yang bersaing secara ketat dengan 200 siswa lainnya dari 10 SMA atau sederajat yang berada di sekitar wilayah pengembangan perusahaan pada bulan Oktober 2017 lalu, sehingga masing-masing sekolah dapat mengirimkan masing-masing 20 siswanya guna mengikuti seleksi. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button