BERITA KIM RONGGOLAWEPEMERINTAHAN

Bupati Tuban : Rasa Aman Bagian Dari Keberhasilan Pilgub

KIM Ronggolawe –  Dalam rangka persiapan pengamanan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur tahun 2018, Polres Tuban menyelenggarakan Apel Kesiapan Polri Polres Tuban Linmas Kabupaten Tuban di Alun-alun Tuban, Senin (25/06).

Hadir dalam apel pagi ini, Bupati Tuban, H. Fathul Huda, Forkopimda, Ketua KPU, dan Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Tuban.

Bupati Tuban Fathul Huda menyampaikan apresiasi kepada Polri, TNI, Linmas, dan stakeholder guna pengamanan Pilgub Jatim yang akan digelar Rabu, 27 Juni 2018 mendatang.

“Saya yakin semua stakeholder sudah siap melaksanakan Pilgub Jatim tahun 2018 ini,” tutur Bupati.

Meski demikian orang nomor satu di Pemkab Tuban itu menghimbau,  agar tetap menjaga kesiap-siagaan selama proses Pilkada berlangsung.

Bupati dua periode ini menerangkan, pengamanan yang dilakukan merupakan upaya menyelenggarakan Pilkada Gubernur Jatim  yang aman. Baik itu  sebelum, saat pelaksanaan, maupun pasca agenda politik lima tahunan tersebut.

Ditegaskan pula, salah satu indikator keberhasilan penyelenggaran Pemilu diukur dari partisipasi masyarakat, dan kondisi masyarakat yang aman selama Pilkada  berlangsung.

Sementara itu, Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono, yang bertindak sebagai Pembina Apel menyampaikan, Polres Tuban bekerja sama dengan TNI, Linmas, dan instansi terkait dalam rangka menyukseskan Pilgub Jatim 2018. Hal ini sebagai upaya untuk menjaga kondisi Bumi Wali yang kondusif.

Perwira yang sebelumnya bertugas di jajaran Polda Jawa Tengah itu menekankan, pada pelaksanaan Pilgub Jatim 2018, satu personil Polri akan membawahi 4 Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan 8 Linmas. Polri bersama pihak terkait akan menjadi pelindung, pengayom, dan pelayanan yang adil dan netral.

Pria kelahiran Bojonegoro ini menambahkan, jika ditemukan adanya penyelewengan atau pelanggaran, Polri akan melakukan penindakan sesuai dengan aturan yang berlaku. Personil Polri juga dilarang mencatat dan mendokumentasikan hasil pemungutan suara, tegas Nanang Haryono.

Sedangkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Tuban, Kasmuri, pasca apel menyampaikan, pihaknya telah siap menyelenggarakan Pilkada Jatim 2018. Logistik Pilkada juga disalurkan ke kecamatan dan ditargetkan sampai di tiap TPS pada hari Selasa.

Pada Pilkada Jatim 2018, kurang lebih 900 ribu orang yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan memberikan suaranya di 2006 TPS yang tersebar di Kabupaten Tuban.

“Kami juga telah menyiapkan surat suara cadangan sejumlah 2,5 persen dari total DPT,” jelas Kasmuri.

Pada bagian lain mantan aktivis mahasiswa ini menambahkan, pihaknya telah menyiapkan tim TPS Mobile bagi pemilih yang tidak memberikan suaranya di TPS di daerahnya. Diantaranya untuk pekerja Rumah Sakit, pasien dan keluarga, serta tahanan.

Hal itu sebagai wujud komitmen KPU Tuban dalam memperjuangkan hak konstitusi pemilih di Tuban. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button