BERITA KIM RONGGOLAWEOLAHRAGAPEMERINTAHAN

Wabup Yakin Prestasi Olahraga Tuban Terus Meningkat

KIM Ronggolawe – Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein tegaskan bahwa Pemkab Tuban mendukung penuh upaya Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tuban dalam rangka peningkatan prestasi dan kemajuan olahraga di Bumi Wali. Hal tersebut diungkapkannya saat membuka Rapat Anggota KONI Tuban dan Sosialisai PORKAB V tahun 2018, Rabu sore (06/06) di ruang rapat Setda Kabupaten Tuban.

“Berkenaan dengan tujuan tersebut, saya minta perlu adanya penajaman program agar dapat mencapai target yang sudah ditentukan meski dengan anggaran yang terbatas. Utamanya cabang olahraga yang unggulan,” ungkap Wabup.

Pada kegiatan yang juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Tuban, H. M. Miyadi, S.Ag., MM dan Ketua Umum KONI Tuban, Mirza Ali Mansur, Wabup menyampaikan bahwa pembangunan Tuban Sport Center (TSC) di Kelurahan Gedung Ombo, Semanding tersebut dimaksudkan untuk mengakomodir pengembangan olahraga yang lebih representatif. “Selain pendidikan, bidang olahraga menjadi salah satu wadah untuk membentuk karakter bangsa, karena disana diajarkan nilai-nilai kejujuran, sportifitas, dan achievement (capaian) yang terukur,” terang Wabup.

Terkait dengan dipilihnya Kabupaten Tuban sebagai tuan rumah Pekan Olahraga tingkat Provinsi Jawa Timur ke-6, Wabup menerangkan bahwa capaian tersebut merupakan hasil usaha sejak tahun 2011 lalu. “Momen ini harus menjadi pemicu bagi atlit-atlit Bumi Wali Tuban untuk meraih prestasi di kancah regional Jawa Timur. Setidaknya harus menempati 10 besar,” seru Wabup Wabup yang juga Ketua Komda Lansia ini.

Wabup dua periode ini mengintruksikan kepada Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk berkolaborasi dengan KONI guna mensukseskan PORPROV. Diharapkan pelaksanaan PORPROV di Tuban dapat menciptakan lapangan kerja baru maupun bidang usaha kreatif lain sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Wabup menambahkan prestasi olahraga menjadi salah satu tolok ukur kemajuan bangsa. Di  samping itu, olahraga menjadi wahana untuk mengikat persaudaraan dan mempersatukan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Tuban, Mirza Ali Mansur  menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Tuban atas pembangunan TSC yang tengah berjalan. “Saya mewakili KONI dan insan olahraga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkab Tuban dan dinas terkait atas pembangunan Tuban Sport Center ini,” ujarnya.

Mirza menyampaikan KONI Tuban akan menyelenggarakan PORKAB ke-5 yang dijadwalkan dilangsungkan pada tanggal 20-28 Oktober 2018. Adapun peserta yang mengikuti PORKAB adalah perwakilan dari 20 kecamatan di Kabupaten Tuban dan club olahraga yang tergabung di KONI Tuban.

Selanjutnya, Mirza menyampaikan bahwa Kabupaten Tuban terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan PORPROV ke-6 bersama Kabupaten Gresik, Lamongan dan Bojonegoro. “Sebanyak 12 cabor terfavorit dan dengan peserta terbanyak akan dipertandingkan di Bumi Wali Tuban. Ini menandakan bahwa Kabupaten Tuban dinilai lebih siap dibandingkan yang lain,” serunya.

Lebih lanjut, sejak tahun 2016 KONI Tuban telah melakukan langkah-langkah strategis sebagai upaya peningkatan prestasi. Salah satunya dibentuk tim Satuan Pelaksana Tuban Pantas yang bertugas untuk membentuk program dan pelatihan bagi atlit agar memperoleh medali emas lebih banyak lagi.

Mirza menambahkan KONI Tuban termasuk jajaran KONI terbaik di tingkat provinsi. Hal ini dibuktikan dengan dipilihnya KONI Tuban sebagai salah satu dari 10 KONI Kabupaten di Jawa Timur sebagai peserta peninjau untuk pelaksanaan PORNAS ke-21 tahun 2024 yang akan diselenggarakan di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. “Beberapa waktu lalu, KONI Tuban menjadi lokasi studi banding bagi KONI Sampang dan Trenggalek terkait percepatan pembinaan dan  peningkatan prestasi,” imbuhnya. Terkait pelaksanaan ASIAN GAME, Mirza menyakatan bahwa KONI Tuban siap mendukung suksesnya pelaksanaan perhelatan pertandingan olahraga tingkat internasional ini.

Pada kesempatan ini, Mirza berharap agar program ‘Bapak Asuh’ untuk tiap cabor dapat segera direalisasikan. “Hal ini sebagai upaya untuk mendorong kemajuan olahraga yang lebih baik lagi di Kabupaten Tuban,” pungkasnya. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button