BERITA KIM RONGGOLAWEPEMERINTAHANPERISTIWA

Camat Kerek Wajibkan Desa Anggarkan Pembelian dan Penanaman Pohon

 

KIM Ronggolawe – Pemerintah Kecamatan Kerek bersama seluruh desa di kecamatan setempat, pada tahun ini menggalakkan program tanam pohon di sepanjang jalan raya.

Camat Kerek, Nanang Wahyudi saat dikonfirmasi mengatakan, penanaman pohon ini diawali di Desa Kedungrejo dengan 350 pohon cemara di sepanjang jalan desa setempat, Kamis (04/04).

“Kita pilih pohon cemara ini juga sebagai penghias jalan dengan sumber dana anggaran desa,” ungkap alumnus STPDN tersebut.

Usai dari Kedungrejo, rencananya penanaman pohon ini juga akan berlanjut ke desa-desa lainnya, dengan target 1.000 pohon dapat tuntas pada pertengahan tahun ini.

“Penanaman pohon ini juga sebagai salah satu upaya untuk menangkal bila terjadi banjir, sehingga dipilihlah pohon keras ini, agar dapat menahan derasnya air bila terjadi banjir,” sebut mantan Sekcam Tambakboyo itu.

Nanang menegaskan, pada 17 desa di Kecamatan Kerek ia mewajibkan setiap desa agar menganggarkan pembelian dan penanaman pohon di APBDes masing-masing.

“Bukan hanya pohon cemara saja, nantinya juga ada jenis tanaman pohon keras lainnya disesuaikan dengan kultur tanah di desa masing-masing,” kata dia.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Kedungrejo, Sugiono sangat mendukung program pemerintah kecamatan, senanda dengan yang disampaikan Camat, penanaman pohon cemara ini juga diharapkan dapat memberi ruang teduh hijau bagi pengguna jalan.

” Kelak kalau sudah besar dapat memberi kesejukan bagi pengguna jalan, ” kata Kades Sugiono singkat. [CH/AM]

Related Articles

Back to top button