BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAKULINER

Nikmatnya Onde – onde Buatan Mak Har

KIM Ronggolawe – Onde – onde merupakan salah satu jajanan pasar khas tradisional yang banyak digemari oleh kebanyakan penikmatnya, tak heran jika kue khas tersebut sering dijumpai disaat acara – acara tertuntu dan merupakan hidangan yang wajib disuguhkan dalam acara hajatan apapun.

Kue khas yang terbuat dari tepung ketan dan berisikan kacang hijau serta ditaburi atau dibalur dengan biji wijen tersebut merupakan salah satu makanan yang hingga saat ini tidak sepi peminat, tak heran banyak warung – warung dan dan penjual jajanan kaki lima menjadikan kue basah tersebut sebagai dagangan unggulanya.

Seperti halnya Harnanik wanita 53 tahun asal Desa Jarorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban tersebu, menjadikan Onde – onde sebagai tambang emas dalam kehidupanya, wanita paruh baya satu anak yang mengawali usahahanya membuat jajanan gorengan basah sejak 18 tahun yang lalu itu, mengaku dalam seharinya ia dibantu sang Ibu mampu menghabiskan 8 hingga 10 kilogram bahan mentah untuk membuat Onde – onde yang ia jajakan di warung depan rumahnya.

“ Dalam sehari biasanya menghabiskan tepung terigu 4 kilogram sedangkan untuk tepung ketanya sekitar 6 kilogram,” terang wanita yang akrap disapa Mak Har tersebut.

Disamping dijajakan sendiri di warung miliknya, Mak Har juga mengaku sering mendapatkan pesanan dari para pelangganya untuk acara tertentu atau sekedar untuk hidangan siang.

“ Kalau warung saya yang didepan belum buka, biasanya para pelanggan langsung datang kesini (kerumahnya : red.) untuk memesan langsung,” sambungnya.

Dengan jajanan  yang ia bandrol dengan harga 1000 rupiah perbutir tersebut Mak Har mengaku mendapatkan keuntungan bersih hingga 150 ribu rupiah tiap harinya dari modal yang ia keluarkan sebesar 300 ribu rupiah per harinya.

“ Biasanya  kalau daganganya habis bisa mendapatkan 450 ribu rupiah, dengan modal awal tiap hari sekitar 300 ribu rupiah,” pungkas Mak Har saat ditemui reporter kimronggolawe.com di rumahnya.

Selain Onde – onde yang menjadi produk unggulan daganganya Mak Har juga menyediakan aneka gorengan diantaranya Pisang gorteng, Tahu isi dan lain –  lain, penasaran dengan Onde – onde buatan Mak Har datang saja di warung depan KPN RT.01 RW.01 Desa Jarorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. [AM/HA]

 

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button