BERITA KIM RONGGOLAWEPENDIDIKAN

Perpustakaan Jadi Wahana Pengenalan Minat Baca Usia Dini

KIM Ronggolawe – Sedikitnya 82 siswa – siswi dan 8 guru pendamping dari Raudhatul Athfal (RA) Fatayat NU Tuban berkunjung ke Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Kabupaten Tuban, di Jalan Wali Songo, Rabu (29/08).

Kunjungan tersebut sebagai kegiatan pembelajaran outdoor bagi siswa untuk pengenalan dan edukasi serta menumbuhkan minat baca bagi anak-anak usia dini, sehingga anak-anak tidak jenuh hanya belajar di dalam ruangan saja, “dari dulu kami ingin mengenalkan anak didik agar tahu pentingnya membaca dan manfaat buku, dan Perpusda inilah salah satu tempat yang representatif untuk dikunjungi,” ucap Siti Aminah, Kepala Sekolah RA Fatayat NU Tuban saat mendampingi siswa-siswinya.

Ia juga menjelaskan, pihaknya di sekolah telah membiasakan agar setiap siswa membaca, dan siswa yang lulus diminta sukarela untuk inventaris buku cerita minimal 3 buku, “suatu saat kami juga pengen membuat perpustakaan di sekolah, Alhamdulillah wali murid juga mendukung hal ini,” ungkap kepala sekolah yang baru berjalan 4 tahun ini.

Sementara itu, Rahayu Supriyati, SH, Kabid Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban menambahkan, para siswa dan guru pendamping disambut pihaknya sejak pagi, “mulai dari masuk kita kenalkan para siswa bagaimana registrasi menjadi keanggotaan, kemudian kita kenalkan mereka tatacara penggunaan internet, dan mengunjungi setiap sudut ruangan, termasuk ruang baca dan melihat koleksi buku-buku yang ada,” terang Bu Yayuk sapaan akrabnya.

Dengan adanya kunjungan itu, Perpusda sangat berterima kasih, karena ada kerjasama yang baik dengan lembaga pendidikan dengan tujuan meningkatkan minat gemar membaca, sehingga perlu ditanamkan kepada anak usia dini.

Kegiatan kunjungan tersebut, menurutnya telah dijadwalkan secara rutin sesuai pengajuan tiap lembaga pendidikan, dalam sepekan pihaknya telah menetukan setiap Rabu dan Sabtu sebagai jam kunjungan. “apabila ingin melakukan kunjungan sendiri, Perpusda selalu buka setiap hari jam kerja,” pungkasnya. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button