BERITA KIM RONGGOLAWEPERISTIWA

Pusat Studi Terorisme dan Radikalisme PTIK Lakukan Penelitian di Tuban

KIM Ronggolawe – Pusat Studi Terorisme dan Radikalisme (PSTR) Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta melakukan penelitian di Kabupaten Tuban dengan sistem tatap muka dan diskusi bersama serta mengisi kuesioner penelitian tentang keterlibatan peran perempuan dalam aksi terorisme, bertempat di Kayu Manis resto, Tuban, Jumat (12/10).

Kegiatan tersebut menghadirkan jajaran petinggi Polres Tuban, tokoh agama, tokoh masyarakat, mahasiswa, tokoh elemen perempuan dan beberapa perwakilan media yang ada di Kabupaten Tuban.

Kabag Sumda Polres Tuban, Kompol Masduki mewakili Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ketua tim dan rombongan Seminar dari tim pusat studi terorisme dan radikalisme CTRS STIK PTIK di wilayah hukum Polres Tuban.

Sementara itu, Kombes. Pol. J.A. Timisela, Ketua tim penelitian PSTR PTIK-STIK menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan tersebut sebagai bahan kajian ilmiah untuk mendapatkan ilmu yang nantinya akan diberikan kepada para peserta didik di PTIK – STIK Polri. “PSTR ini baru dibentuk pada bulan Juli 2018 saat Dies Natalis ke-72 Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK),” katanya.

Perwira berdarah Ambon ini menerangkan, berdirinya PSTR ini atas saran Kapolri, dengan harapan kedepan bisa mentransfer kajian ilmu tentang terorisme dan radikalisme dengan pola-pola pencegahan.

Pihaknya juga menjelaskan, penelitian itu digelar di berbagai wilayah hukum Polri di Indonesia, termasuk diantaranya wilayah hukum Polres Tuban, Jawa Timur. “Saat ini telah terjadi fenomena baru dengan kejadian Bom bulan Mei di Surabaya, dimana pelakunya adalah perempuan sehingga perlu dilakukan kajian dan penelian lebih dalam,” ucapnya.

Sehingga nanti, lanjut mantan Tim Supervisi Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri ini, hasilnya akan dikaji secara akademis di PTIK, kemudian menjadi rujukan bagaimana Polri dapat mencegah terorisme bersama-sama masyarakat.

“Kami (Polri) akan mengadakan seminar sehari dimana sebanyak 70 negara akan diundang dalam kaitannya diskusi tentang keterlibatan perempuan dalam aksi terorisme dan radikalisme,” pungkas perwira yang juga mantan Dir Res Narkoba Polda Sumsel ini. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button