BERITA KIM RONGGOLAWEPEMERINTAHANPERISTIWA

Kabupaten Tuban Raih Penghargaan Tingkat Nasional Dibidang Hukum dan HAM

KIM Ronggolawe – Kabupaten Tuban kembali meraih Penghargaan Tingkat Nasional, kali ini Jaringan Dokumentasi dan Informasi (JDIH) Kabupaten Tumban berhasil meraih Penghargaan JDIH Terbaik 2018 tingkat kabupaten dari Menteri Hukum dan HAM RI. Penghargaan ini diterima oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda dari Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementrian Hukum dan Ham RI Prof. Dr. H. R. Benny Riyanto, S.H., M.Hum., C.N. pada acara Pertemuan Integrasi Sistem Jaringan Dokumentasi dan Informasi (JDIH) Tingkat Nasional Tahun 2018, Senin (10/12) bertempat di Swiss-bel Hotel Mangga Besar, Jalan Kartini No. 57 Jakarta Pusat.

Menurut Kepala BPHN, Penghargaan ini diberikan dalam rangka pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) yang telah melakukan evaluasi dan penilaian pengelolaan oleh anggota JDIH untuk kurun waktu 2018.

“Adapun instrument penilaian meliputi aspek organisasi, sumber daya manusia, koleksi dokumen-dokumen hukum, teknis pengelolaan, sarana prasarana, dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi,” jelasnya.

Benny Riyanto menambahkan bahwa keberadaan JDIHN dapat memudahkan akses terhadap dokumentasi dan informasi hukum sehingga tercipta kepastian hukum, transparansi dan akuntabilitasi dalam mendorong penyelenggaraan pemerintahan yang baik menuju terwujudnya kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Senada dengan itu Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kebupaten Tuban, Arif Handoyo mengungkapkan bahwa dengan adanya JDIH mempermudah masyarakat mengakses dokumentasi dan informasi hukum baik Perda, Perbup dan peraturan lainnya yang dimiliki oleh Kabupaten Tuban.

“Dengan Aplikasi ini, produk hukum dapat dilihat dan diunduh dengan mudah oleh masyarakat Luas,” Imbuhnya.

Arif handoyo menambahkan bahwa diraihnya penghargaan ini tidak lepas dari Inovasi yang telah dilakukan oleh Pemkab Tuban melalui Bagian Hukum Setda Tuban dengan diciptakannya Aplikasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum berbasis Android (Jariku Android) yang telah di launching bulan mei 2018 yang lalu, sebelumnya JDIH Kabupaten Tuban juga telah ditetapkan sebagai JDIH Terbaik tingkat Jawa Timur.

“JDIH Tuban juga mendapatkan apresiasi berupa Penghargaan karena telah terintegrasi dengan JDIHN yang baru saja di launching oleh Kementrian Hukum dan Ham RI,” ujarnya.

Selain Penghargaan JDIH, pada puncak acara Hari HAM Sedunia ke-70 tahun 2018 yang dipusatkan di Kantor Kementerian Hukum dan HAM RI, hari ini, Selasa (11/12).

Untuk ke empat kalinya Kabupaten Tuban mendapatkan Penghargaan Kabupaten Peduli HAM. Penghargaan ini dinilai dari pemenuhan akan tujuh kelompok hak yang harus dipenuhi, tujuh kelompok hak tersebut meliputi hak atas kesehatan, pendidikan, hak perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak, dan lingkungan yang berkelanjutan.

“Dengan diraihnya penghargaan tersebut, maka Tuban bisa berbangga diri sekaligus terus berupaya dalam menegakkan HAM, karena HAM merupakan kebutuhan dasar dari semua masyarakat tanpa terkecuali,” imbuh arif handoyo yang mewakili Pemkab Tuban menerima Penghargaan ini.

Sementara itu Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengucapkan syukur dan apresiasinya atas capaian yang telah diraih di bidang Hukum dan HAM ini, Bupati berharap JDIH Kabupaten Tuban dan Aplikasi Jariku Android semakin dapat dioptimalkan dalam memberikan layanan dokumentasi dan informasi produk hukum yang dimiliki Pemkab Tuban.

“Dengan adanya JDIH dan Jariku Android, Saya harap dapat menjamin ketersediaan informasi tentang hukum, dan memudahkan akses pada produk hukum dengan cepat, tepat, dan lengkap,” tutur  Bupati.

Bupati juga berharap dengan diraihnya kembali sebagai Kabupaten Peduli HAM semakin dapat meningkatkan kesadaran bersama akan pentingnya pemenuhan Hak asasi manusia oleh semua pihak yang bermuara pada terciptanya kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tuban.

Tak lupa Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Seluruh pihak yang telah mendukung dan mendampingi Kabupaten Tuban Sehingga mendapatkan semua Penghargaan ini, dan kepada seluruh masyarakat atas dukungannya kepada Pemkab Tuban untuk dapat berbuat dan bekerja lebih baik lagi. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button