BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAPEMERINTAHANPERISTIWA

Pemkab Tuban Prioritaskan 2019 Pengentasan Kemiskinan dan Pengangguran

KIM Ronggolawe – Bupati dan Wakil Bupati Tuban menggelar pertemuan awal tahun bersama Ketua dan segenap anggota DPRD Kabupaten Tuban, Selasa (08/01) siang.

Bertempat di rumah dinas Bupati Tuban Kompleks Pendopo Kridho Manunggal, kegiatan ini turut dihadiri Sekretaris Daerah serta pimpinan OPD Kabupaten Tuban.

Mengawali sambutannya, Bupati Tuban, H. Fathul Huda menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas terselenggaranya pertemuan ini. Kegiatan ini menjadi momentum untuk melakukan evaluasi atas apa yang dicapai tahun 2018 yang lalu. Pada tahun 2018, hubungan antara Pemkab Tuban sebagai Eksekutif dan DPRD Tuban sebagai Legislatif bersifat harmonis.

“Saya harap hubungan ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan,” tuturnya. Selain itu, pertemuan ini juga menjadi sarana untuk mempersiapkan diri menyonsong tahun 2019.

Bupati Huda mengungkapkan bahwa permasalahan utama yang dihadapi di tahun 2019 adalah angka kemiskinan dan pengangguran yang masih tinggi. Berbagai kebijakan dan program telah disusun untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Bupati menyatakan bahwa semua program pembangunan yang akan dilakukan harus memberi dampak terhadap pertumbuhan ekonomi, serta harus mampu menurunkan angka kemiskinan. Di samping itu, pembangunan harus dilakukan di awal tahun dengan tujuan agar perputaran uang dapat lebih cepat terjadi. Tentunya, hal ini dapat berimbas pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.
Lebih lanjut, saat ini 70 persen penduduk Kabupaten Tuban atau sekitar 900 ribu orang berprofesi sebagai petani. Namun, hanya sekitar 180 ribu orang yang menjadi pemilik tanah dan mempunyai Kartu Tani. Sedangkan sisanya perlu mendapat pekerjaan.
Salah satu cara untuk mengatasi pengangguran adalah dengan meningkatkan investasi di Kabupaten Tuban. Pemkab Tuban juga terus berupaya mengundang investor. Salah satunya adalah proyek kilang minyak New Grass Root Refinery (NGGR).

Bupati dua periode ini menjelaskan bahwa proyek kerjasama antara Pertamina dengan Rosneft ini memiliki nilai investasi mencapai 200 triliun.Pro-kontra pasti akan terjadi. Hal tersebut harus disikapi dengan pendekatan yang logis dan harus terus dikawal jangan sampai ada yang dirugikan.

Di samping itu, perlu adanya dukungan legislatif untuk ikut menyadarkan masyarakat. Pemerintahan saat ini hanya merintis karena pembangunan proyek tersebut dapat memakan waktu sekitar 5 tahun. “Yang merasakan manfaat nantinya adalah anak cucu kita,” tandasnya.

Terkait dengan tahun politik, Bupati asal Montong ini menambahkan bahwa Pemilu hanya menjadi sarana. Tujuannya adalah untuk menyejahterakan masyarakat. Oleh karenanya, jangan sampai terjebak dalam sarana dan jangan sampai terjadi benturan yang berlebihan.”

Harus menjalin komunikasi yang baik karena tujuan akhirnya adalah menyejahterakan masyarakat di Bumi Wali,” tegasnya.

Bupati Tuban berharap kegiatan serupa dapat intens dilakukan demi terwujudnya hubungan yang harmonis antara eksekutif dan legislatif dalam rangka membangun Kabupaten Tuban.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Tuban, H. M. Miyadi, S.Ag., MM., yang mengungkapkan bahwa kegiatan ini menjadi wadah untuk mensinergikan dan koordinasi antara Eksekutif dan legislatif dalam rangka membangun Bumi Wali. “Hal ini menjadi etikad baik dalam menjalankan roda pemerintahan,” ujarnya.

Miyadi juga menambahkan bahwa pada Pemilu serentak 2019 mendatang, anggota DPRD Tuban akan kembali ikut mendaftar dalam kontestasi Pemilu. Hal ini dalam rangka menampung dan menyuarakan aspirasi rakyat tuban. “Perbedaan pilihan merupakan hal yang wajar dan harus disikapi bijak. Demi pembangunan Kabupaten Tuban yang lebih baik,” pungkasnya. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button