BERITA KIM RONGGOLAWEPEMERINTAHAN

Upacara HUT Satpam ke- 38,Satpam Harus Profesional

KIM Ronggolawe – Dua ratus anggota Satuan Pengamanan (Satpam) mengikuti Upacara dalam rangka HUT SATPAM Ke-38 tahun 2018 di halaman Mapolres Tuban, Senin (14/01).

Turut hadir pada kegiatan ini, Kapolres, Ketua Pengadilan Negeri, Wakil Ketua DPRD, dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban.

Bertindak sebagai Inspektur, Kepala PN Tuban, Darius Naftalih, S.H., membacakan amanat Kapolri mengungkapkan, bahwa momen ini menjadi sarana evaluasi atas eksistensi satpam. Sekaligus menjadi medium pembenahan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan tugas di masa yang akan datang.

Berbagai dinamika masyarakat dan kemajuan teknologi menjadi potensi gangguan dan kejahatan berdimensi baru. Hal ini berimplikasi terhadap kompleksitas tugas dan tanggung jawab.

Terkait Pemilu serentak tahun 2019, perlu mengantispasi adanya potensi gangguan, baik dalam tahap kampanye, pemungutan, penghitungan, maupun rekapitulasi suara. Dantaranya potensi pemanfaatan isu SARA dan politik identitas, serta penyebaran hoax dan hatespeech yang berpotensi terhadap timbulnya konflik sosial.

Hal tersebut selaras dengan tema ‘Pemuliaan Profesi Satpam Indonesia guna Mendukung Polri dalam Pengamanan Pemilu Tahun 2019’.

“Polri perlu dukungan dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat, termasuk Satpam sebagai profesi yang luhur dalam mengemban tugas dan fungsi kepolisian secara terbatas pada lingkungan kerjanya,” ungkapnya.

Satpam sebagai mitra polri harus meningkatkan profesionalisme, melalui peningkatan kewaspadaan dan pencegahan dini guna menjamin keamanan. Di samping itu, Satpam berperan dalam pengamanan dan peningkatan investasi industri.

Karenanya, perlu peningkatan SDM dan kompetensi satpam dari segala tingkatan.

Kapolri juga berpesan kepada Satpam  untuk senantiasa  menjaga kehormatan diri dengan menerapkan kode etik dan bersikap waspada. Juga meningkatkan kompetensi diri dan bersinergi dengan polri dan elemen keamanan masyarakat.

Pada kesempatan ini, diserahkan penghargaan dari Polres Tuban kepada dua satpam berprestasi. Penghargaan tersebut diberikan atas kerja satpam yang berhasil menggagalkan pencurian kabel tembaga dan penyelundupan Warga Negara Asing di PT Holcim. [CH/AM)]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button