BERITA KIM RONGGOLAWEPERISTIWA

Peduli Lingkungan, HPN PWI Tuban Gelar Aksi Bersih Sampah di Wisata Pantai Kelapa

KIM Ronggolawe – Masih dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2019, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban menggelar aksi bersih-bersih sampah di wisata Pantai Kelapa Panyuran, Palang, Tuban. Acara itu sebagai wujud untuk mengkampanyekan akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, Jumat, (01/03).

Bersih pantai itu merupakan rangkaian kegiatan yang ketiga, setelah sebelumnya panitia HPN melaksanakan kegiatan tasyakuran tumpengan dan santunan yatim piatu bersama Forkopimda dan beberapa perusahaan. Kegiatan itu juga diikuti Pemerintah Kecamatan Palang, jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Palang, jajaran TNI dari Koramil Palang, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat, para Kepala Desa, Lurah, dan beberapa pihak terkait lainnya.

“Aksi ini bentuk kepedulian kita semua untuk mencintai lingkungan, jika selama ini wartawan hanya dianggap sukanya mengkritisi pantai yang kotor, saat ini kita buktikan bahwa wartawan juga peduli akan kebersihan pantai dengan aksi yang nyata,” kata Pipit Wibawanto, Ketua PWI Tuban dalam sambutannya.

Sebelum kegiatan bersih pantai bersama, diawali dengan senam pagi bersama di pandu dua instruktur senam senior dari Palang. Kemudian, sekitar 100 peserta langsung menuju ke pantai untuk bersih-bersih sampah dengan menggunakan alat yang telah disediakan.

Tumpukan sampah berbagai jenis berhasil dikumpulkan terutama sampah plastik yang cukup berbahaya bagi kesehatan. Bersih-bersih pantai itu juga sekaligus bagian dari upaya membantu jajaran pemerintah Tuban dalam upaya menjaga kelestarian pantai dari sampah kiriman.

“Kita ingin mengajak semua masyarakat sadar akan pentingnya lingkungan bersih, dan mari kita sama-sama jaga kebersihan,” tambah Pipit panggilan akrabnya.

Ir. Rohmad, MM selaku Camat Palang, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PWI Tuban. Karena menjaga kebersihan lingkungan dan pantai adalah tanggungjawab semua pihak.

“Lingkungan yang bersih merupakan tanggung jawab kita semua. Kita juga mengimbau agar masyarakat yang ke pantai tidak membuang sampah sembarangan,” pesannya.

Lebih lanjut, ia mengaku bangga dengan pers Tuban yang sangat peka dan peduli dengan lingkungan. Terbukti, selain menyampaikan informasi kepada masyarakat ternyata pers Tuban juga cinta lingkungan.

“Ini bukti nyata, bahwa pers Tuban cinta kebersihan dan turun langsung untuk bersih-bersih pantai, kegiatan ini perlu ditiru,” tegas Camat Palang.

Untuk diketahui, wisata pantai Kelapa Panyuran, Palang itu menyediakan pesona alam yang indah, bersih dan eksotis, beberapa fasilitas menarik yang cocok untuk liburan keluarga. Keindahan pantainya menyajikan keunikan alam seperti pasir putih dan deretan pohon kelapa serta perahu nelayan yang berjejer di tepi pantai. Termasuk ada tambahan fasilitas, seperti wahana Flying Fox, Activi, Play Area, persewaan Kuda, Dermaga, spot foto, gazebo, dan beberapa fasilitas lainnya. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button