BERITA KIM RONGGOLAWEPEMERINTAHANPERISTIWA

Hari Pertama Masuk Kerja, Bupati Gelar Halal bi Halal

KIM Ronggolawe – Hari pertama aktif masuk kerja usai libur lebaran, bertempat di Pendopo Kridho Manunggal Bupati dan Wakil Bupati Tuban menggelar Halal Bi Halal bersama seluruh jajaran di lingkup Pemkab Tuban, Senin (10/06), turut dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Tuban; Ketua GOW Tuban, Sekretaris Daerah, Ketua Dharma Wanita Persatuan serta seluruh pimpinan OPD dan Camat Se-kabupaten Tuban.

Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengungkapkan bahwa halal bi Halal merupakan upaya untuk menyempurnakan fitrah manusia, setelah menjalankan puasa dengan ikhlas selama satu bulan penuh.

“Ibadah puasa sebagai bentuk memohon ampunan dari Allah, sedangkan halal bihalal sebagai upaya untuk saling memaafkan antar sesama manusia,” ungkapnya.

Bupati juga menerangkan permohonan maaf yang utama yaitu anak kepada orang tua; pasangan suami istri; dan sesama muslim yang saling mengutamakan. Oleh karena itu, Bupati memaklumi jika terdapat sejumlah pimpinan OPD yang tidak bisa hadir saat open house beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Bupati Huda menyampaikan agar seluruh aparatur terus mengamalkan nilai-nilai ramadhan. Sebagai pelayan masyarakat, aparatur harus mampu menerapkan kesabaran seperti ketika berpuasa.

Di samping itu, harus terus bersikap disiplin dan ulet dalam melaksanakan setiap tugas yang berikan.

“Kerjalah seperti setan, maksudnya tidak pernah bosan melakukan tugasnya. Ini menunjukkan bahwa segala sesuatu yang diciptakan Allah harus direnungkan,” imbuhnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Tuban ini menginstruksikan agar melayani masyarakat dengan penuh kasih sayang. Tidak hanya itu, menyayangi masyarakat harus menggunakan perasaan (bathin/qolbu) dan diniatkan untuk menyayangi makhluk ciptaan Allah.

Mantan Ketua PCNU Tuban ini juga menyerukan agar selalu menjaga rasa optimisme dan berprasangka baik, namun tidak over confidence.

Pada kesempatan itu, Bupati berterimakasih atas kinerja aparatur sehingga mampu mencapai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kabupaten Tuban rata-rata memperoleh nilai 80.

“Akan terus ditingkatkan sebagai perwujudan tata kelola pemerintahan yang lebih baik,” tuturnya.

Sebagai penutup, Bupati mengajak agar memaknai halal bi Halal sebagai momentum untuk menjaga silaturahmi, harmonisasi dan solidaritas.

“Jadikan ramadhan senantiasa ada pada diri kita,” pungkasnya.

Usai memberi pengarahan, Bupati didampingi Wabup dan Sekda beserta istri masing-masing melangsungkan proses halal bi halal seluruh aparatur Pemkab Tuban yang tampak antusias. Meski harus berdesak-desakan, proses halal bi halal berjalan lancar. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button