BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAPEMERINTAHANPERISTIWA

Pertamina Hibahkan 1 Unit Ambulans untuk Pemkab Tuban

KIM Ronggolawe – PT Pertamina (Persero) melalui New Grass Root Refinery (NGRR) Tuban menyerahkan bantuan berupa 1 unit mobil ambulans untuk Pemerintah Kabupaten Tuban. Ambulans tersebut sebagai penunjang fasilitas tim medis dalam penanganan pandemi virus Corona (Covid-19) di wilayah Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh pihak NGRR Tuban kepada Bupati Tuban H Fathul Huda di Kantor Pemkab Tuban, Jawa Timur, Rabu (27/05). Penyerahan ambulans tersebut juga disaksikan oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tuban, di antaranya Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein, Ketua DPRD Tuban M Miyadi, Kapolres Tuban AKPB Ruruh Wicaksono dan Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon.

Project Coordinator NGRR Tuban Kadek Ambara Jaya mengatakan, Pertamina terus partisipasi aktif dalam upaya penanganan penyebaran virus Corona di wilayah Tuban. Dia juga mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Tuban terkait bantuan apa yang bisa diberikan oleh Pertamina untuk penanganan Covid-19 di Tuban.

“Pertamina terus melakukan upaya untuk pencegahan penyebaran virus Corona, termasuk di wilayah Tuban. Kami juga terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, terutama Pemerintah Kabupaten Tuban di mana masih membutuhkan fasilitas ambulans untuk penanganan Covid-19. Bantuan ambulans ini merupakan bentuk partisipasi aktif Pertamina dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19 di wilayah Tuban,” kata Kadek.

Kadek mengatakan, dengan adanya ambulans tersebut diharapkan bisa menunjang kinerja tim medis di Tuban untuk penanganan pasien Covid-19. “Dan kita berharap mata rantai penyebaran virus Corona ini bisa segera terputus dan Indonesia terbebas dari Covid-19,” katanya.

Sementara itu, Bupati Tuban Fathul Huda mengapresiasi langkah Pertamina yang memberikan bantuan 1 unit ambulans tersebut. Bantuan tersebut menurut Fathul sangat membantu tugas tim gugus dalam percepatan penanganan Covid-19 di Tuban.

“Kebutuhan ambulans di masa pandemi ini memang sangat tinggi. Dengan bantuan dari Pertamina NGRR, tentu bisa mempercepat antar jemput pasien,” katanya.

Ambulans bantuan dari Pertamina tersebut merupakan mobil baru dengan tahun pembuatan 2020. Fasilitas pada ambulans tersebut di antaranya yakni kursi perawat/pengiring kapasitas 2 orang, gantungan infus, hand sanitary, sistem oksigen suplai (oxygen therapy set), nasal cannula dan masker oksigen, automatic ambulance stretcher roll in cot yakni berupa konstruksi dengan bahan aluminium alloy dan dilengkapi matters dengan 3 buah strap dan tiang infus. Selain itu, kendaraan medis tersebut juga dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran dan kotak obat (P3K).

Tak hanya ambulans, Pertamina melalui NGRR Tuban sebelumnya juga telah menyalurkan bantuan dan melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Tuban. Di antaranya yakni penyaluran 3.000 paket sembako untuk 17 desa di Kecamatan Jenu, penyemprotan disinfektan di jalanan dan fasiltitas umum di 17 desa di Kecamatan Jenu, puluhan set Alat Pelindung Diri (APD) untuk tim medis di Tuban, puluhan ribu lembar masker, ratusan pasang sarung tangan, 50 liter hand sanitizer, 50 liter disinfektan, 5 unit alat semprot disinfektan, dan 5 unit thermal gun atau alat pengukur suhu tubuh. Bantuan itu disebar di balai-balai desa dan fasilitas kesehatan desa di Kabupaten Tuban. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button