BERITA KIM RONGGOLAWEPENDIDIKAN

Puluhan Guru KB,TK dan RA di Kerek Ketagihan Ikuti Pelatihan TIK

KIM Ronggolawe – Sedikitnya 65 peserta mengikuti pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang diselenggarakan oleh Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Ronggolawe Tuban bekerjasama dengan PT. Semen Indhonesia pabrik Tuban, Sabtu (14/10).

Kegiatan yang disenggarakan di aula Pondok Pesantren (PP) Tanwirul Qullub Desa Margomulyo Kecamatan Kerek itu mengambil tema “Inovatif dan Kokoh di Era Digital” dengan melibatkan peserta dari seluruh lembaga pendidikan usia dini terdiri dari kelompok Himpaudi, IGTKI, dan kelompok pendidik dari IGRA kecamatan Kerek.

Camat Kerek melalui Pelaksana Tugas ( Plt )  Sekcam Saifudin Zuhri, SH. yang sekaligus didaulat untuk membuka jalanya kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi terhadap KIM Ronggolawe Tuban yang telah turut andil dalam mencerdaskan masyarakat melalui program-program sosial kemsyarakatan dalam bentuk pelatihan dan edukasi digital di wilayahnya.

” Banyak kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh berbagai lembaga di kecamatan ini namun, hanya KIM Ronggolawe yang memberikan edukasi lebih terhadap masyarakat sesuai dengan perkembangan jaman saat ini yaitu era digital, salah satunya dengan pelatihan Informasi dan Teknologi (IT) seperti hari ini, ” sanjung pria yang akrap disapa Pak Udin tersebut.

Sementara itu Ketua KIM Ronggolawe Tuban, Chusnul Huda dalam sambutanya menyampaikan bahwa tujuan dari pelatihan TIK tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan atau skill para pendidik untuk dapat menggabungkan metode pembelajaran dengan sistem digital agar kedepan generasi usia dini dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk memperkaya pengetahuan serta meningkatkan prestasi dalam belajar mengajar.

” Di era digital saat ini bukan hanya remaja saja yang harus melek teknologi namun, pembelajaran dan pengenalan TIK diusia dini diharapkan mampu meningkatkan minat belajar bagi anak didik, ” harap pria yang juga tergabung dalam kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tuban itu.
Di tempat yang sama, Syahrul Mubarok perwakilan dari PT. Semen Indonesia  berjanji akan terus mensupport kegiatan yang diselenggarakan oleh KIM Ronggolawe melalui program-progam TIK nya.

” Saya rasa kegiatan pelatihan TIK ini tidak cukup dilakukan sekali saja, kedepan kami akan terus mensupport dan mendukung kegiatan KIM Ronggolawe untuk memberi pembelajaran digital, khususnya bagi warga Kerek, ” tegas pemuda yang bakal mengumumkan lepas lajangnya pekan depan itu.

Dalam kegitan tersebut Afrizal Rizkillah pemuda yang sekaligus ketua Relawan TIK Tuban yang didapuk sebagai pemateri dengan semangat meberikan penjelasan tentang cara menggunakan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran yang mudah dan praktis bagi tenaga pendidik jenjang usia dini di Kerek.

Selain itu materi Literasi digital untuk anak usia dini juga diselipkan dalam pelatihan tersebut, dengan narasumber perwakilan dari KIM Ronggolawe itu sendiri.

Diakhir acara selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat peserta juga merasa beruntung karena pihak penyelenggara membagikan puluhan dorprize serta voucer internet gratis bagi setiap peserta.

” Luar biasa, selain dapat ilmu banyak, juga dapat hadiah, semoga ada lagi,” ungkap Yudya salah satu guru TK asal Desa Maegorejo itu. [AM/HA]

Related Articles

Back to top button