BERITA KIM RONGGOLAWEPENDIDIKAN

Gelar Guest Lecture, Unirow dan UB Bahas Optimasi dan Pemodelan Matematika dalam Pengolahan Limbah Rumah Tangga dan Industri

 

KIM Ronggolawe– Kerjasama Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban dan Universitas Brawijaya (UB) Malang menghasilkan berbagai kegiatan yang tergabung dalam program Dosen Berkarya.

Kali ini Unirow menggelar Guest Lecture dengan tema Optimasi dan Pemodelan Matematika dalam Pengolahan Limbah Rumah Tangga dan Industri. Kegiatan ini diikuti oleh 212 peserta yang terdiri dari Mahasiswa dan Dosen Unirow serta para akademisi dari Universitas lain, Sabtu (23/10).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Marjono, M.Phil., selaku Direktur Pascasarjana UB dan Prof. Amin Setyo Leksono, S.Si., M.Si., Ph.D, selaku ketua tim Dosen Berkarya dari UB Malang.

Prof. Dr. Marjono, M.Phil. dalam pemaparan materinya menjelaskan model matematika dan hubungannya dengan pengolahan limbah rumah tangga dan industri yang ada di Kabupaten Tuban.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa limbah rumah tangga masih dapat dikelola dengan diolah, sedangkan limbah industri tidak diolah melainkan harus diamankan.

“Sehingga target di Kabupaten Tuban bisa nyaman dan indah seperti potensi yang ada di Pantai Kelapa,” jelas Prof. Marjono.

Masih dalam kegiatan yang sama, Prof. Amin Setyo Leksono, S.Si., M.Si., Ph.D selaku narasumber yang kedua juga menjelaskan bahwa masalah lingkungan selalu menjadi dilema. Dengan status Indonesia yang menjadi negara berkembang, maka perlu adanya pembangunan yang berkelanjutan dengan syarat indeks sosial, lingkungan dan ekonomi harus terus meningkat. Selain itu juga harus menjaga ketersediaan sumberdaya alam dengan menggunakan permodelan yang sesuai kebutuhan.

“Pembangunan harus bersifat ramah lingkungan supaya sumberdaya alam yang ada tidak tercemar,” tutur Prof. Amin sapaan akrabnya.

Untuk Diketahui bahwa program kerjasama ini benama Dosen Berkarya yang akan melaksanakan 8 kegiatan secara bersamaan, yaitu Kuliah Umum pada kegiatan PKKMB UNIROW Tahun 2021, Dosen UB Mengajar, Kuliah umum Optimasi dan Permodelan Matematika dalam pengolahan limbah rumah tangga dan industri, Pelatihan metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif untuk mahasiswa, Kegiatan Pendampingan penyusunan Proposal Penelitian agar dapat tembus hibah RISTEKDIKTI, Pelatihan penyusunan artikel hasil penelitian untuk publikasi Jurnal Internasional bereputasi, Diskusi Publik dengan tema “PERMASALAHAN PESISIR TUBAN DAN SOLUSINYA” dan Pengabdian Masyarakat yang bertema Strategi Pengelolaan Potensi Desa Untuk Meningkatkan Antusiasme Ekowisata Dimasa Pandemi. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button