BERITA KIM RONGGOLAWEPERISTIWA

Save Brubulan, LMDH Wono Asri Ajak Tanam Ribuan Pohon

KIM Ronggolawe – Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wono Asri, Desa Temayang Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban, bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan  (Forkopimcam), serta sejumlah pelajar dan berbagai komunitas sosial lainya Minggu (27/02) melaksanakan giat sosial penanaman pohon di seputaran sumber mata air Brubulan Ngipeng desa setempat.

Dalam kegiatan yang bertajuk “Save Brubulan” itu ribuan jenis pohon seperti trembesi, tabebuya dan akasia ditanam di area sumber mata air Ngipeng yang berada di kawasan Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Perhutani Kecamatan Kerek.

Menurut Broto, salah satu promotor dalam kegiatan tersebut menyatakan jika bhakti sosial yang diprakarsai oleh LMDH Wono Asri tersebut merupakan wujud kepedulian warga terhadap sumber mata air Ngipeng agar tetap lestari serta memberi manfaat lebih bagi warga sekitar, terlebih debit air Ngipeng kian tahun kian menurun sehingga diperlukan penanaman bibit – bibit pohon baru.

“Penanaman ribuan pohon serentak ini sebagai wujud kepedulian rakyat terhadap kelestarian alam yang kian rusak sehingga berpengaruh pada ekosistem dan keseimbangan alam”, kata pria paruh baya religius tersebut.

Sementara itu Camat Kerek Nanang Wahyudi, yang turut dalam kegiatan itu saat dikonformasi reporter kimronggolawe.com sangat mengapresiasi kegiatan penghijauan yang diprakarsai oleh LMDH Wono Asri, selain itu pria yang belum genap dua bulan menjabat sebagai Camat Kerek tersebut juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berupaya mengembalikan lingkungan yang asri dan hijau terlebih di sumber mata air Brubulan Ngipeng.

” LMDH Wono Asri sudah memberikan gerakan nyata dalam usaha mengembalikan lingkungan yang asri dan hijau untuk mempertahan debit volume air di Ngipeng dan jangka panjangnya nanti kita berharap dapat memberikan tambahan ruang hijau terumatama di wilayah Kerek serta dapat mengurangi resiko banjir dan kekeringan di masa-masa yang akan datang, ” pungkas Camat Kerek. [AM/HA]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button