BERITA KIM RONGGOLAWEPEMERINTAHANPERISTIWA

Puluhun Ribu Santri Ikuti Upacara HSN di Tuban

KIM Ronggolawe – Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2022 di Kabupaten Tuban, yang dilaksanakan di Tuban Sport Center (TSC), Sabtu (22/10).

Puncak peringatan HSN diselenggarakan secara meriah, dengan melibatkan puluhan ribu santri dari berbagai Lembaga Pendidikan Islam dan jajaran Kemenag Tuban.

Membacakan sambutan Menteri Agama RI, Mas Bupati Tuban mengatakan, tahun 2022 ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan,”, yang bermakna santri selalu siap dalam misi membela kemerdekaan dengan berbagai macam latarbelakang. “Santri selalu siap mendarmabaktikan hidupnya demi bangsa dan negara,” ucapnya.

Usai upacara, kepada awak media Mas Bupati menyampaikan, para santri telah memiliki kiprah diberbagai bidang profesi. Dengan kolaborasi dan sinergi bersama, Mas Lindra mengajak para santri untuk membangun Indonesia jauh lebih baik.

Selain itu, santri harus mengikuti zaman. Oleh sebab itu, Mas Lindra meminta peran santri dalam pembangunan Kabupaten Tuban lebih mendominasi, terlebih untuk pembangunan di bidang akhlak dan karakter. ” Santri sudah memiliki bekal akhlak dan pendidikan agama, jadi mari bersama kita membangun Kabupaten Tuban lebih berakhlak,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Mas Lindra juga menyampaikan apresiasi kepada para Kafilah Kabupaten Tuban yang mewakili Jawa Timur dan telah menorehkan prestasi gemilang dalam Musabaqoh Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) beberapa waktu lalu. ” Terimakasih kepada santri Tuban yang telah memberikan presentasi luar biasa kemarin,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Tuban Ahmad Munir menyampaikan, puncak peringatan HSN dipusatkan di TSC dengan melibatkan 27 ribu santri di seluruh Kabupaten Tuban. Selain menggelar apel, berbagai persembahan juga disajikan dalam acara yang diinisasi oleh Kemenag Tuban dan PCNU Tuban ini. “Kami siapkan ini semua selama tiga Minggu, dan Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar,” terang Munir.

Puncak peringatan HSN dimerahkan juga dengan penampilan grup marching band dari MIN 1 Tuban, MTS Salafiyah Kerek, MA Al Muhibbin Jatirogo, serta tarian harmoni tari Islam dari MTSN 1 Tuban dan pencak silat dari MTSN 3 Tuban. [*/AM]

Related Articles

Back to top button